Toyota 86 Terbaru Dikabarkan Meluncur Juli 2021

Toyota 86 Terbaru Dikabarkan Meluncur Juli 2021
Toyota 86 - dok.Top Speed

California, Motoris – Di tengah muramnya industri otomotif yang terdera wabah virus corona, kabar anyar menyeruak dari segmen mobil sport kembar Toyota 86 dan Subaru BRZ. Dalam sebuah peresetasi jaringan diler di Amerika Serikat yang berlangsung belum lama ini, disebut jadwal peluncuran mobil itu pada musim panas tahun 2021 nanti.

Seperti dilaporkan laman Autocar dan Motor1, Rabu (25/3/2020), informasi terus terungkap dari postingan di akun Instagram oleh sumber Allcarnews. Postingan yang juga dilansir forum online GR86.org itu menunjukan sebuah slide presentasi jadwal peluncuran beberapa model paling anyar Toyota, diantaranya All New crossover, Toyota 86, dan All New CUV.

“Jadwal peluncuran Toyota 86 berada di antara All New crossover (fall atau musim gugur) dan All New CUV (Q3 2021). Dan hanya disebutkan pada musim panas (summer) 2021. Sehingga, kemungkinan terjadi pada Juni – Agustus 2021,” tulis keterangan postingan pada akun tersebut.

GT86 dan BRZ yang ada saat ini diluncurkan pada 2012, dan keberadaan generasi penerusnya diragukan hadir. Maklum, penjualannya lemot alias sepi peminat di pasar. Namun, Toyota sepertinya tak patah arang untuk menghadirkan generasi anyar itu.

Terlebih, bos pabrikan itu – Akio Toyoda – merupakan pendukung utama agar Toyota 86 menggunakan teknologi sport sejati untuk meningkatkan citra merek di bawah divisi Gazoo Racing. Selain itu, pengembangan generasi anyar ini juga didukung berbagai program motorsport Toyota.

Laman GR86.org menyebut, generasi anyar itu bakal mengusung mesin 2.4 liter turbocharged dari Subaru, yang saat ini mendukung Outback, Legacy, dan Ascent atau Evoltis. Di tiga model itu mesin boxer 2,4 liter turbo diketahui menghasilkan tenaga hingga 263 PS pada 5.600 rpm dan torsi 375 Nm pada 2.000 rpm, jauh lebih besar dibanding mesin di versi lawas yang sebesar 206 PS dengan torsi 212 Nm.

Namun, versi lain yang dikutip Autocar menyebut ada mesin baru 2.4 liter empat silinder turbocharged yang bertenaga 255 hp atau meningkat 50 hp dari mesin Toyota 86 model sekarang yang bakal disandang versi anyar. Mesin itu disebut lebih cadas.

Ilustrasi, kembaran Toyota 86, Subaru BRZ model 2016 – dok.Autocar

Tak hanya itu. Platform versi paling gres itu juga baru, yakni Toyota New Global Architecture (TNGA) yang menggusur platform Subaru yang ada di model versi saat ini. Namanya pun berganti menjadi Toyota GR 86. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This