Menelisik MG ZS di Cina, Ternyata Segini Penjualannya

Menelisik MG ZS di Cina, Ternyata Segini Penjualannya
MG ZS yang dipasarkan di CIna - dok.Saicmotor

Beijing, Motoris – SUV kompak besutan pabrikan Morris Garage (MG) Motor – pabrikan Inggris yang kini berada di bawah payung SAIC Motor Cororation Limited – baru diluncurkan di Indonesia secara virtual pada Selasa (24/3/2020) lalu. MG Motor Indonesia sebagai penjaja mobil ini menyatakan mobil itu sudah siap dipinang pembeli di Mal Puri Indah Jakarta Barat dan di The Breeze yang berada di kawasan BSD City, Tangerang.

SUV yang masih diimpor secara utuh dari Thailand itu di banderol Rp 255,8 – 289,8 juta, dan ditawarkan dalam dua varian. Keduanya adalah MG ZS Excite yang dibanderol Rp 255, 8 juta dan MG ZS Ignite yang dihargai Rp 289,8 juta.

Lantas bagaimana kiprah MD ZS di negeri perusahaan induknya (SAIC Motor), Cina? Seperti dilansir situs resmi perusahaan, beberapa waktu lalu, MG ZS diluncurkan di Negeri Panda itu pada Maret 2017 di hajatan pameran otomotif Guangzhou 2016, pada 8 November 2016.

“Sejak pemesanan perdana sebelum peluncuran atau pre order yang dibuka pada 14 Februari, MG ZS telah menerima banyak pesanan,” sebut pernyataan pabrikan yang dikutip situs tersebut.

SUV MG ZS yang dijual di Indonesia- dok.Istimewa

Sementara itu, laman Carsalesbase, belum lama ini melaporkan sepanjang tahun 2017 ( yakni dari Februari sejak dibuka pesanan pertama hingga Desember tahun itu) SAIC MG ZS terjual sebanyak 70.164 unit. Kemudian di tahun berikutnya atau tahun 2018 laku sebanyak 112.159 unit, dan selama 2019 penjualan yang dibukukan sebanyak 121.972 unit.

Adapun di Januari 2020, penjualan yang dicatatkan SUV ini sebanyak 12.714 unit. Sedangkan di bulan Februari ambrol karena diterpa dampak wabah virus corona, sehingga menjadi 2.044 unit. Jumlah ini sudah termasuk MG ZS listrik.

“Pangsa pasar yang diraih sepanjang Januari hanya 1,4% dari total pasar mobil di segmen dan kelasnya (pasar SUV kompak di Cina pada bulan tersebut),” bunyi keterangan yang diungkap Asosiasi Produsen Kendaraan Penumpang Cina.

Sekadar informasi, Republik Rakyat Cina saat ini telah menjadi pasar kendaraan bermotor roda empat terbesar di dunia. Sepanjang tahun 2019 lalu, penjualan mobil di negeri berpenduduk paling banyak sejagat itu tercatat sebanyak 25,77 juta unit atau turun signifikan dibanding penjualan tahun 2018 yang sebanyak 28,1 juta unit.

Beralih ke SAIC
Sekadar catatan, MG Motor kini berada di bawah bendera kelompok usaha SAIC Motor Corporation Limited. Sejarah beralihnya kepemilikan perusahaan yang berdiri sejak tahun 1924 di Inggris ke pabrikan asal Cina itu panjang dan berliku.

Singkat cerita, setelah mengalami kesulitan keuangan, MG Motor yang sebelumnya bernama MG Rover sempat diambil alih oleh BMW. Kemudian berpindah tangan ke konsorsimum Phoenix.

Proses produksi SAIC MG ZS – dok.Saicmotor.com

Namun, di tahun 2005, pabrikan asal Cina SAIC Motor bersaing ketat dengan Nanjing Automobile – perusahaan satu negara dengannya, Cina – mengajukan penawaran untuk membeli MG Motor (MG Rover). Namun, SAIC kalah dalam penawaran tersebut.

Tetapi, kondisi berbalik pada tahun 2007, Nanjing Automobile – yang telah memiliki MG Motor – diakuisisi oleh SAIC yang merupakan perusahaan pelat merah (BUMN) pemerintah Cina itu. Alhasil, merger dua perusahaan itu menjadikan MG Motor yang mayoritas sahamnya telah dibeli Nanjing Automobile juga berada di bawah naungan SAIC Motor Corporation Limited. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This