Ducati Streetfighter V4, via Digital Terobos Pasar Global

Ducati Streetfighter V4, via Digital Terobos Pasar Global
Ducati Streetfighter V4 2020 - dok.Ultimatemotorcycling

Bologna, Motoris – Pabrikan motor kondang asal Bologna, Italia – Ducati Motor SpA – Rabu (25/3/2020) kemarin, waktu setempat, resmi meluncurkan model naked yang berbasis Panigale V4, yakni Ducati Streetfighter V4. Peluncuran dilakukan melalui aplikasi digital Youtube, karena wabah virus corona yang tengah mendera dunia, termasuk Italia.

Seperti dilaporkan laman Ultimatemotorcycling dan Cyclenews, Rabu (25/3/2020), live streaming prosesi peluncuran itu digelar pukup 6.30 waktu setempat atau pukul 13.30 di wilayah dunia bagian timur. “Pada saatu itu, engineer, mekanik, dan disainer Ducati secara bergantian menjelaskan hal ihwal yang berkaitan dengan motor anyar tersebut,” tulis media itu.

Ducati menyebut, motor ini dibekali mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc yang menyemburkan tenaga hingga 208 hp pada 12.750 rpm dan torsi hingga 123 Nm pada 11.500 rpm. Bahkan bila dimodifikasi dengan Ducati Performance serta dipasangi knalpot Akrapovic letupan tenaga diklaim mampu mencapai 220 hp dengan torsi hingga 130 Nm.

Ducati Streetfighter V4 saat dites – dok,Ultimatemotorcycling

Dengan semburan tenaga yang dihasilkan itu, Ducati mengklaim motor ini paling “powerfull” di kelasnya. Dia disuguhkan dalam dua varian yakni Ducati Streetfighter V4 dan Ducati Streetfighter V4S, yang segera digelonotorkan ke pasar global,

Laman CNET dan Autosport, Rabu (25/3/2020) menulis, proses pengembangan Ducati Streetfighter V4 ini mengalami liku yang cukup serius. Pada Juli tahun 2019 lalu – ketika masih dalam prototipe dan masih dibungkus kamuflase – mengalami tragedi saat dites di Pikes Peak International Hillclimb.

Di laga balap di puncak gunung di Amerika Serikat itu, pembalap Carlin Dunne yang menunggangi Ducati Streetfighter V4 itu kecelakaan di lokasi yang berjarak 20 meter dari garis finish dan meninggal dunia. Padahal, saat itu Dunne tengah memimpin balapan.

Tampilan belakang Streetfighter V4 – dok.Ducati

Padahal, sebelumnya, Dunne telah empat kali secara berturut-turut menjuarai balapan Pikes Peak itu. Dan saat menunggangi Ducati Streetfighter V4  di musim balap 2019 itu, dia sejatinya nyaris memecahkan rekor atas nama dirinya. Hanya, upayanya berakhir duka. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This