Ditarget Meluncur Awal 2021, SUV Toyota Yaris Digeber Jalani Tes

Ditarget Meluncur Awal 2021, SUV Toyota Yaris Digeber Jalani Tes
Prototipe SUV Toyota Yaris yang tengah menjalani tes di musim dingin - dok.Autocar

Onnaing, Motoris – Gagal diperkenalkan ke publik dunia melalui Geneva Motor Show 2020, di Jenewa – karena terdampak wabah virus corona – 5 Maret lalu, tak berarti langkah menuju produksi protipe SUV mungil Toyota yang berbasis Toyota Yaris berhenti. Terbukti, prototipe SUV itu tetap menjalani uji jalan, di tengah musin dingin yang tengah berlangsung di Eropa.

Seperti dilaporkan laman Autocar dan Car Buyer, Sabtu (28/3/2020) kemarin, kemungkinan mobil itu diluncurkan pada akhir tahun 2020 ini atau awal tahun 2021 nanti. Meski di seluruh tubuh terbalut kamuflae, namun sosok yang tengah menjalani tes itu diyakini Toyota Yaris versi SUV atau lebih tepatnya crossover.

Dia disebut-sebut mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA-B ) – sebuah platform yang juga digunakan oleh Toyota Yaris versi anyar – itu bakal bersaing ketat dengan Nissan Juke dan Renault Capture. Meski berbagi banyak hal dengan Yaris, namun Toyota menegaskan, Yaris SUV tetap berbeda.

“SUV ini menggunakan gaya desain yang sama sekali baru. Ini bukan Yaris dengan balutan bodi baru dan suspensi yang dinaikan saja. Ini merupakan SUV model (segmen) B yang sama sekali baru dan khas dengan desain yang kompak, dinamis, serta dengan kepribadian tersendiri,” tutur Vice President Toyota wilayah Eropa, Matthew Harrison.

Meski berbagi dengan Toyota Yarus reguler dalam beberapa hal, namun versi SUV ii dipastikan berbeda – dok.Autocar

Belum ada rincan informasi soal spesifikasi. Namun, untuk wilayah Eropa diperkirakan dibekasi mesin 1.5 liter dan ditawarkan pula dalam versi berteknologi hybrid. Mesin konvensional itu diperkirakan bertenaga hingga 115 bhp yang disalurka ke roda enggunakan transmisi otomatis CVT CVT atau manual enam tingkat percepatan.

Sedangkan di Jepang, Toyota disebut memberinya tawaran sistem AWD e-Four. Sistem penggerak roda tersebut persis seperti yang digunakan oleh Toyota Prius.

Toyota Eropa sangat berharap kehadiran Yaris SUV ini bakal mampu “memompa” kinerja penjualannya. Maklum, di wilayah ini tren kendaraan SUV/crossover kompak terus menanjak. Lantaran itulah pabrikan ini memproyeksikan penjualannya bisa membawa penjualan mencapai kisaran hampir 30% di Eropa.

Tampilan belakang SUV Toyota Yaris – dok.Autocar

Di benua itu, SUV ini akan pabrik Toyota di Onnaing, Prancis. Pabrik tersebut selama ini telah memproduksi Toyota Yaris. Hanya, hingga kini belum diketahui apa nama yang bakal disandang SUV itu, apakah Yaris atau lainnya belum ada kabar. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This