Hak Paten Didaftarkan, Toyota Corolla GR Paling “Hot” Disiapkan?

Hak Paten Didaftarkan, Toyota Corolla GR Paling “Hot” Disiapkan?
Ilustrasi, Toyota Corolla GR Sport hatchback - dok.Carsguide

Sidney, Motoris – Toyota Motor diketahui telah mendaftarkan hak kekayaan intelektual (hak paten) atas merek dagang Toyota Corolla GR (Gazoo Racing) hatchback yang lebih “hot” di Australia pada 17 Maret lalu. Permohonan itu, kini tengah diproses oleh lembaga yang berwenang di Negeri Kanguru itu dan jika disetujui akan diterbitkan pada 15 September mendatang.

Seperti diungkap laman Carsguide, Kamis (2/4/2020), laporan tersebut tak merinci spesifikasi dari Corolla GR paling joss tersebut. Begitu pula, kapan hatchback anyar  – yang diduga kuat sebagai pengganti Corolla GR Sport yang ada saat sekarang – itu bakal diluncurkan.

Laman itu hanya mengutip perkiraan yang pernah dilontarkan laman Auto Express beberapa waktu lalu. Media otomotif asal Inggris itu sebelumnya sempat menyebut, kemungkinan besar Toyota Corolla GR paling “hot” itu bakal melenggang ke pasar pada tahun 2023 nanti. Jadwal tersebut ditetapkan seiring dengan berakhirnya siklus hidup dari Corolla GR sport lima pintu yang ada saat ini.

Toyota GR Yaris – dok.Toyota

Soal mesin Toyota Corolla GR hatchback itu, sempat diduga bakal mengusung mesin yang sama dengan Toyota Yaris GR yang kini – di Jepang – tengah dibuka pemesanannya. Mesin 1.6 liter tiga silinder yang diimbuhi turbocharger itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 257 hp dengan torsi 370 Nm, atau tak kalah dengan semburan tenaga mesin Subaru WRX.

Dugaan mesin yang sama dengan Toyota Yaris GR itu didasari alasan karena  Toyota Corolla GR hatchback itu juga menggunakan platform yang sama dengan Toyota Yaris paling “hot” tersebut. Keduanya menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Seperti diketahui Toyota Yaris GR menggunakan transmisi manual enam tingkat percepatan. Mobil ini dilengkapi sistem penggerak roda All Wheel Drive.

Toyota Corolla GR Sport generasi sekarang yang diperkenalkan di hajatan Geneva Motor Show 2019 – dok.Motor1

Seperti dilaporkan laman Motor1, beberapa waktu lalu, Toyota telah memperkenalkan Corolla GR Sport hatchback – yang ada saat ini – di hajatan Geneva Motor Show, Februari  2019 lalu. Hatchback ini menjadi model kedua yang bergabung dalam klan GR Sport Toyota di Eropa.

“Di pameran  otomotif Jenewa pada Februari 2019 itu Toyota Eropa memperkenalkan Corolla GR Sport, yang kini dijual di Eropa dan menampilkan desain yang sporty. Tetapi tidak ada pembaruan powertrain (mesin),” tulis laman Car Advice, belum lama ini.

Penjualan Corolla GR Sport dimulai Januari 2020. Sebelumnya, raksasa otomotif asal Jepang itu  telah memperkenalkan Yaris GR Sport di Paris Motor Show  2018. Mobil ini diperkenalkan di hajatan Tokyo Auto Salon 2020 yang berlangsung  10-20 Januari lalu.

Chassis Toyota Yaris GR – dok.Toyota

Penjualannya bakal dimulai Juli mendatang, sedangkan pemesanan telah dibuka mulai 10 Januari hingga 30 Juni .(Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This