Meluncur Hari Ini, Motor Klasik BMW R18 Bisa Dipesan di RI

Meluncur Hari Ini, Motor Klasik BMW R18 Bisa Dipesan di RI
Konsep BMW R18 - dok.Motorcycle.com

Jakarta, Motoris – Divisi kendaraan bermotor roda dua BMW AG – yakni BMW Motorrad – masih menjadwalkan peluncuran global motor cruiser berpenampilan retro BMW R18 pada hari ini, Sabtu (4/4/2020). Sementara, di Indonesia pesan bagi para penggila motor BMW yang ingin mendapatkannya sudah mulai dibuka.

“Ya, kita tawarkan juga di Indonesia, pemesanan sudah mulai dibuka. Tetapi untuk pengirimannya masih akan melihat situasi dan kondisi, karena kan dunia sekarang masih dalam kondisi wabah, Covid-19 (virus corona),” ujar PT Maxindo Moto atau BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Namun, Joe belum bersedia menyebut banderol dari motor bermesin mesin big boxer 1.802 cc itu. Dia hanya menyebut, bagi peminat diminta menghubungi PT Maxindo Moto.

Sebelumnya, BMW Motorrad memperkenalkan motor tersebut di dua hajatan yakni dua Competition of Elegance Villa d’Este awal tahun 2019 dan di EICMA November 2019 lalu. Peluncuran tersebut teah memantik perhatian para penggila kendaraan roda dua eksotik dari berbagai belahan dunia.

Mesin Big Boxer konsep BMW R18 – dok.Visordown

Laman Bennetts dan Visordown beberapa lalu melaporkan mesin empat katup berpendingan cairan/oli yang disandang motor tersebut menyemburkan tenaga hingga 91 hp dengan torsi 116 pound-ft atau sekitar 158 Nm.

Semburan tenaga tersebut disalurkan ke roda menggunakan transmisi enam tingkat percepatan. BMW juga menawarkan opsi gigi mundur pada transmisi tersebut.

“Penggunaan mesin boxer yang mulai diproduksi BMW Motorrad sejak 70 tahun lalu itu membuktikan, bahwa mesin model ini terus terjaga kelangsungannya. Meski dengan serangkaian penyesuaian yang sejalan dengan zaman,” tulis media lokal Jerman.

Penyesuaian dengan era kekinian itu bisa dilihat dari sistem manajemen kerja bagian-bagian mesin. Penggunaan empat katup, pengapian ganda, ruang pembakaran modern, intake manifold yang “dikelola” oleh sistem manajemen engine BMS-O adalah buktinya.

Konsep BMW R18 Cruiser yang bisa menjadi pesaing berat Harley Davidson Softail dan Triumph Bobber – dok.Istimewa

Motor yang terinspirasi dari BMW R5, R50 dan R60/2 ini suspensi depannya menggunakan garpu upside down. Sedangkan suspensi belakang ditempatkan persis di bawah jok, sehingga terkesan rapi.

Sementara, laman Autofreak, Sabtu (4/4/2020) melaporkan peluncuran BMW R18 dilakukan secara virtual melalui Youtube dan Facebook, di Munchen, Jerman, Sabtu (4/4/2020) waktu setempat. Cara itu ditempuh karena untuk menghindari paparan wabah virus corona yang merebak di berbagai belahan dunia, termasuk Eropa.

“BMW R18 yang mengadopsi BMW R5 yang malang melintang di pasar kendaraan bermotor roda dua dinia di tahun 1930-an kembali hadir desain desain yang lebih segar serta sentuhan teknologi modern,” bunyi narasi yang mengiringi tayangan jatidiri motor tersebut.

Dalam peluncuran itu Head of BMW Motorrad, Markus Schramm, menegaskan bahwa peluncuran BMW R18 ini merupakan sesuatu yang sangat istimewa, karena menjadi tonggak baru bagi pabrikan dalam berkiprah di pasar otomotif. BMW R18, lanjut Schramm,  merupakan representasi warisan produk  masa lalu bernilai tinggi tetapi sarat dengan unsur modern.

Mesin 1.800 cc Big Boxer yang diusung BMW R18 – dok.Yahoo News

“Bukan hanya bagi diri saya sendiri, tetapi juga membanggakan bagi seluruh tim BMW Motorrad di dunia,” ucap dia.

Dia menegaskan, motor tersebut merupakan produk global. Artinya, motor tersebut juga dijajakan ke berbagai belahan dunia. (Fat/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This