Dua Bulan Pertama di Pasar SUV Medium, Honda CR-V Jawara

Dua Bulan Pertama di Pasar SUV Medium, Honda CR-V Jawara
Ilustrasi, Honda CR-V 1.5 Turbo - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang dua bulan pertama tahun 2020 ini – atau dari Januari hingga Februari – total penjualan Sport Utility Vehicle (SUV) medium di Tanah Air tercatat sebanyak 2.532 unit. SUV besutan Honda Motor Company yakni Honda CR-V masih menguasai ceruk pasar ini.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang waktu itu Honda CR-V terjual ke diler (wholesales) sebanyak 1.849 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, Honda CR-V jauh meninggalkan lawan-lawannya.

Berada di urutan kedua, Mazda CX-5, namun jumlah penjualannya terpauh jauh dibanding Honda CR-V. SUV Mazda itu membukukan penjualan sebanyak 251 unit.

Wuling Almaz 7 kursi penumpang – dok.Motoris

Berada di urutan ketiga, empat, dan lima ada Wuling Almaz, Mazda CX-30, dan Mitsubishi Eclipse Cross. Masing-masing terjual 137 unit, 88 unit dan 66 unit.

Di belakang mereka terdapat Nissan X-Trail, Hyundai Tucson, DFSK Glory 580, yang menempati posisi enam, tujuh, dan delapan. Penjualan masing-masing SUV itu 60 unit, 32 unit, dan 22 unit.

Adapun di peringkat sembilan, sepuluh, dan sebelas terdapat Renault Koleos yang terjual sebanyak 20 unit. Kemudian ke-10 ada VW Tiguan yang laku 11 unit dan terakhir Peugeot 3008 yang mencatatkan penjualan 10 unit.

Glory 580 saat dipmaerkan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Dalam data ini fakta yang menarik untuk dicermati adalah kinerja penjualan SUV medium Dongfeng Sokon (DFSK) Glory 580 dan Wuling Almaz. Keduanya merupakan merek non Jepang – yakni sama-sama merek asal Cina – yang mulai bermain di segmen ini.

DSFK Glory 580 diluncurkan pada Juli 2018, sedangkan DFSK Glory 580 baru diperkenalkan pada Januari 2019. Hasilnya, ternyata penjualan Wuling Almaz jauh di atas DFSK Glory 580. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This