Januari-Februari, Daihatsu Gran Max Masih Asapi Suzuki APV
Daihatsu Gran Max 1.5 tahun 2019 - dok.Istimewa

Januari-Februari, Daihatsu Gran Max Masih Asapi Suzuki APV

Jakarta, Motoris – Sepanjang dua bulan pertama tahun ini atau dari Januari – Februari lalu penjualan low van dari pabrik ke diler (woholesales) di Indonesia tercatat sebanyak 3.826 unit. Dari total tersebut, low van Daihatsu Gran Max berada di urutan pertama dalam daftar penjualan dengan jumlah terbanyak.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan di rentang dua bulan pertama tersebut, Daihatsu Gran Max terjual ke diler (wholesales) sebanyak 2.445 unit. Jumlah itu dibukukan pada Januari sebanyak 1.273 unit dan Februari 1.172 unit.

Jumlah ini jauh di atas total penjualan yang dicatatkan oleh Suzuki APV. Van Suzuki itu hanya membukukukan penjualan sebanyak 701 unit, yang dikumpulkan pada Januari sebanyak 334 unit dan Februari 367 unit.
Saudara Gran Max – Daihatsu Luxio – berada di urutan berikutnya dengan total penjualan sebanyak 479 unit. Angka itu terdiri dari penjualan di Januari yang sebanyak 145 unit dan Februari 334 unit.

Ilustrasi, minibus Suzuki APV di IIMS 2019 – dok.Motoris

Wuling Formo yang merupakan pemain baru – yang diluncurkan oleh Wuling Motors Indonesia pada November 2018 – di dua bulan pertama tersebut mencatatkan penjualan sebanyak 101 unit. Total jumlah ini berasal dari penjualan sepanjang januari yang sebanyak 24 unit dan Februari 77 unit.

Tahan krisis
Data yang dikompilasi Gaikindo menunjukan, kinerja penjualan van (seluruh kelas atau kategori) termasuk “tahan” terhadap kondisi krisis. Bahkan, di saat penjualan model-model lain banyak yang berguguran, mobil jenis ini masih bertahan.

Angka penjualan dari semua mereka yang bermain di segmen pasar van (semua kelas atau kategori) yang dikumpulkan asosiasi industri itu menunjukan, sepanjang tahun 2019 kemarin total penjualan mobil jenis ini sebanyak 2.900 unit. Dari jumlah itu, penjualan van penumpang 18.300 unit atau masih naik 2%.

Sedangkan penjualan jenis blind van sebanyak 9.600 unit. Jumlah ini naik 15% dibanding penjualan tahun 2018.
Pada tahun itu, Suzuki APV membukukan penjualan sebanyak 4.141 unit, yang 788 unit di antaranya merupakan blind van. Adapun Wuling Formo – baik monibus atau van penumpang maupun blind van – sebanyak 303 unit.

Ilustrasi, Wuling Formo diluncurkan di Jakarta, 7 November 2018 dan dibanderol mulai Rp 135,8 juta – dok.Motoris

Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, yang dihubungi Motoris di Jakarta, Rabu (8/4/2020) menyebut, tahan bantingnya penjualan kendaraan komersial jnis ini karena segmen pasarnya yang juga lebih tahan terhadap krisis.

“Penyerapnya kan banyak usaha sektor jasa yang banyak dibutuhkan masyarakat, seperti logistik, bisnis kuliner, antar jemput karyawan, antar jemput tamu hotel, perusahaan rental mobil, dan lain-lain,” ujar dia. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )