Versi Facelift Bikin Penjualan Ignis Melonjak 123% di India

Versi Facelift Bikin Penjualan Ignis Melonjak 123% di India
Suzuki Ignis facelift di India - dok.Maruti Suzuki

Jakarta, Motoris – Maruti Suzuki meluncurkan versi anyar dari city car Suzuki Ignis atau New Ignis di hajatan Auto Expo 2020, yang digelar 18 Februari lalu. Dalam hitungan hari alias hingga akhir bulan Februari itu, mobil ini sudah terjual 3.000 unit.

Seperti dilaporkan laman Gaadiwaadi dan Times of India, belum lama ini, data yang dilansir Society of Indian Automobile Manufacturer (SIAM) menunjukan, jumlah penjualan di sepanjang Februari itu melonjak 123% dibanding bulan yang sama tahun 2019. Pasalnya, di bulan kedua pada tahun 2019, Ignis hanya terjual 1.303 unit.

“Faktor kebaruan dengan ubahan di beberapa bagian di eksterior dan interior menjadi daya pikat utama bagi konsumen. Sebelumnya, minat terhadap Suzuki Ignis menurun di masyarakat India, tetapi dengan pembaruan yang dilakukan ternyata dirasa sesuai dengan harapan,” bunyi laporan The Hindustan Times.

Suzuki Ignis paling gres itu juga diekspor ke beberapa negara, termasuk ke Indonesia. Namun, meski diproduksi di pabrik yang sama, ternyata ada sejumlah perbedaan antara Suzuki Ignis facelift yang dijual di India dengan di Indonesia. Pembedaan dimaksudkan untuk memenuhi selera dan menjawab keinginan atau beradaptasi dengan kondisi riil yang  ada.

Suzuki New Ignis atau Suzuki Ignis faceift yang dipasarkan di Indonesia – dok.PT SIS

“New Ignis di setiap negara beda-beda, ini dikarenakan setiap negara memiiki blueprint produk sendiri-sendiri. New Ignis versi Indonesia berbeda dengan versi India, khususnya di ECU (Electronic Control Unit). Ini dikarenakan BBM (Bahan Bakar Minyak) antara India dengan yang di Indonesia juga berbeda. Intinya, Suzuki India memproduksi secara khusus New Ignis untuk pasar Indonesia,” papar Head of 4W Product Development & Accessories SIS, Yulius Purwanto, saat tanya jawab dengan media secara virtual usai peluncuran, Kamis (9/4/2020).

Perbedaan lainnya, lanjut Yulius adalah, mesin yang diusung. Suzuki New Ignis untuk pasar Indonesia masih menggunakan mesin seperti versi sebelumnya, yakni K12M, 4 silinder dengan kubikasi 1.2 liter yang bertenaga 83PS dengan torsi 113 Nm.

Sedangkan di India menggunakan mesin yang telah berstandar BS6 (Bharat Stage 6). Tandar ini merupakan standar emsi yang lebih tinggi ketimbang standar yang berlaku di Indonesia, yakni standar Euro 4.

Interior Suzuki Ignis Facelift yang dipasarkan di Indonesia – dok.PT SIS

Jumlah varian yang disajikan juga berbeda. Di India disajikan dalam empat varian, yakni Sigma, Delta, Zeta, dan Alpha. Adapun di Indonesia hanya dua varian yakni varian GS dan GX dengan opsi transmii manual, otomatis, dan Auto Gear Shift (AGS).

Selain itu, pilihan varian warna dan harga tentunya juga berbeda. Begitu juga dengan corak bahan pelapis jok dari bahan fabric. “Perbedaan ini karena kami melihat karakteristik yang berbeda antara konsumen di dua negara. Artinya, perbedaan itu berdasar masukan dari konsumen  sebelumnya dan calon konsumen,” imbuh Yulius.

PT SIS membanderol New Ignis GL M/T Rp 171 juta,  dan New Ignis GL AGS Rp 181 juta. Sedangkan New Ignis GX M/T dihargai Rp 190 juta, dan New Ignis GX AGS Rp 200 juta.(Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS