Versi Facelift Disebut Segera Meluncur, Segini Penjualan Toyota Innova

Versi Facelift Disebut Segera Meluncur, Segini Penjualan Toyota Innova
Ilustrasi, Toyota All New Kijang Innova, - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Toyota Indonesia disebut-sebut bakal menggelonotorkan versi facelift MPV medium Toyota Kijang Innova pada Juli tahun 2020 ini. Kehadirannya diharapkan memantik kinerja penjualan di tengah pasar otomotif yang sedang lesu karena didera wabah virus corona.

“Informasi yang kami terima, kalau tidak ada aral melintang antara Juli – Agustus versi facelift itu diluncurkan. Kapan tepatnya, tempatnya dimana (GIIAS 2020 atau secara virtual jika wabah virus corona belum mereda), kami belum tahu. Itu TAM (PT Toyota Astra Motor) yang menentukan,” papar kolega Motoris di diler Toyota yang berada di Kota Tangerang, saat dihubungi Rabu (15/4/2020).

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, enggan untuk memastikan informasi itu. “Untuk produk baru, saya belum bisa membicarakannya,” ujar dia saat dihubungi Motoris, di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Meski, dia tak menampik di tahun 2020 ini Toyota Indonesia akan menyuguhkan produk baru, baik berupa model anyar maupun penyegaran atau facelift. Sebab, kehadiran produk-produk seperti itu sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat konsumen.

Tampilan belakang All New Kijang Innova – dok.Motoris

“Tetapi apa produknya, dan kapan diluncurkan, saya belum bisa menginformasikannya. Ditunggu saja,” ucap dia.

Soal kinerja penjualan, Anton menyebut Toyota Kijang Innova selama ini menunjukan kinerja yang sesuai harapan. Meski, dinamika penjualan – terutama volumenya – juga sangat dipengaruhi kondisi pasar.

“Kalau tren penjualan kita melihat market-nya seperti apa. Apalagi, dengan adanya Covid-19 (wabah virus corona). Market share pasti masih dalam kisaran yang ditargetkan, tetapi kalau volume mengikuti kondisi pasar,” papar Anton.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) menunjukan, di rentang waktu tidak bulan pertama atau kuartal pertama tahun ini, Innova masih menjadi penguasa pasar MPV medium. Tercatat di sepanjang Januari, penjualannya ke diler (wholesales) sebanyak 4.010 unit.

Jumlah tersebut jauh mengungguli angka penjualan Wuling Cortez yang sebanyak 131 unit. Bahkan sangat jauh di atas jumlah penjualan Isuzu Panther yang sebanyak 50 unit.

Ilustrasi, Wuling Cortez pesaing Toyota KIjang Innova dari Wuling Motors- dok.Motoris

Begitu pun di bulan Februari. Pada bulan ini, Innova membukukan wholesales sebanyak 4.593 unit. Sedangkan Wuling Cortez dan Isuzu Panther, masing-masing 163 unit dan 83 unit.

Adapun di bulan ketiga atau Maret penjualan ke diler Innova tercatat sebanyak 4.100 atau ambles dibanding Februari. Sehingga jika ditotal dalam tiga bulan, Innova teah terjual ke diler sebanyak 12.703 unit.

Namun, penjualan Innova di tahun ini menyusut di banding tiga bulan pertama tahun 2019 lalu. Tercatat, wholesales Innova di Januari 2019 masih berada di angka 5.326 unit, Februari sebanyak 4.261 unit, dan Maret 5.014 unit dengan ritel seanyak 4.447 unit.

Jika ditotal wholesales sepanjang kuartal pertama itu sebanyak 14.601 unit atau jauh lebih banyak dibanding kuartal pertama tahun ini. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS