Suzuki XL7, Car of The Year 2020

Suzuki XL7, Car of The Year 2020
Suzuki XL7 - dok.PT SIS

Jakarta, Motoris – Varian crossover anyar Suzuki yang diposisikan sebagai Low SUV , yakni Suzuki XL7, menyabet penghargaan tertinggi di ajang Otomotif Award 2020, Car of the Year 2020. Penghargaan “Mobil Terbaik” itu merupakan kali kedua yang diterima PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) dalam dua tahun berturut-turut.

“Penghargaan ini sekaligus membuat Suzuki sebagai satu-satunya Agen Pemegang Merk (APM) yang telah dua tahun berturut-turut menyabet Car of the Year setelah tahun lalu diraih All New Ertiga,” bunyi pernyataan resmi PT SIS, di Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Marketing Director PT SIS. Dony Saputra menyebut penghargaan itu merupakan pencapaian yang berarti. Pasalnya, lanjut dia, Suzuki mengembangkan Suzuki XL7 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan sebuah SUV dengan fitur yang lengkap namun harga lebih kompetitif.

“Sejak diluncurkan, Suzuki XL7 memang menjadi pilihan masyarakat dengan berhasil terjual sebanyak 2.220 unit hingga Maret, atau melebihi target penjualan bulanan sebesar 2.000 unit. Hal ini juga sejalan dengan strategi kami yang menghadirkan kembali DNA SUV di lini produk Suzuki,” ujar dia di pernyataan resmi yang sama.

Ilustrasi, peluncuran Suzuki XL7 – dok.Motoris

Dalam hal penjualan, Suzuki XL7 di rentang waktu tiga bulan pertama tahun ini masih tertinggal dibanding rival terdekatnya, Mitsubishi Xpander Cross. Keduanya sengaja disandingkan karena tercatat sebagai model yang relatif baru atau bahkan terbaru di segmen pasar Low SUV.

Ritme penjualan
Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, periode kuartal pertama tahun ini, Suzuki XL 7 membukukan penjualan ke diler (wholesales) sebanyak 3.985 unit. Sedangkan Mitsubishi Xpander Cross dalam kurun waktu yang sama terjual ke diler sebanyak 5.382 unit.

Artinya, penjualan Mitsubishi Xpander Cross masih jauh lebih banyak ketimbang Suzuki XL7. Satu catatan penting yang perlu dicermati di sini, penjualan kedua mobil itu juga sama-sama dinamis, naik atau turun. Meski kenaikan dan penurunan yang dialami masing-masing berbeda waktunya.

Fakta berbicara, sepanjang Januari penjualan Suzuki XL 7 ke diler masih sebanyak 635 unit. Maklum, saat itu, mobil ini belum secara resmi diluncurkan (karena baru diluncurkan 15 Februari 2020), meski demikian sudah ada penjualan ke diler (wholesales).

Mitsubishi Xpander Cross – dok.Motoris

Pada bulan kedua atau Februari, penjualannya ke diler meningkat hingga mencapai 2.220 unit, dan sepanjang Maret terlego sebanyak 1.130 unit. Ritme ini berbeda dengan ritme wholesales Xpander Cross.

Mobil yang diluncurkan pada 20 November 2019 itu, sepanjang januari 2020 membukukan wholesales sebanyak 2.344 unit. Kemudian di Februari sebanyak 1.362 unit, dan Maret sebanyak 2.912 unit.  Jika ditotal di rentang tiga bulan pertama itu, penjualan Mitsubishi Xpander Cross masih mengungguli Suzuki XL7. (Fer/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This