Toyota Gempur Pasar Cina, C-HR Listrik Segera Digelontorkan

Toyota Gempur Pasar Cina, C-HR Listrik Segera Digelontorkan
Toyota C-HR EV saat diperkenalkan di Cina ada tahun 2018 lalu - dok.Chinapev.com

Beijing, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota) berupaya keras mengembalikan denyut nadi penjualan di pasar mobil terbesar di dunia – Republik Rakyat Cina – bahkan, di saat wabah virus corona (Covid-19) tengah mengglobal. Bersama divisi merek mewahnya – Lexus – Toyota tak lama lagi menggelontorkan tiga mobil listrik di negeri itu.

Seperti dilaporkan laman Gasgoo dan Insideevs, Senin (20/4/2020), rencananya Toyota pada Minggu (26/4/2020) nanti meluncurkan crossover Toyota C-HR dan Toyota IZOA bersumber tenaga dari motor listrik. Sedangkan Lexus menyodorkan Lexus 300e, yang juga bersumber tenaga dari setrum.

Toyota C-HR listrik dan saudaranya – IZOA listrik – telah diperkenalkan Toyota di Negeri Panda itu pada tahun 2018. Keduanya, sejatinya dua produk yang sama alias mirip, hanya produksinya saja yang dilakukan di tempat berbeda.

Lexus UX 300e – dok.Insideevs

Namun, dua tempat produksi itu merupakan milik perusahaan kongsi antara Toyota dengan mitra lokal atau perusahaan setempat. Toyota C-HR listrik dibuat di pabrik milik GAC (Guangzhou Automobile Group Co.Ltd – yang merupakan pabrikan mobil terbesar ke-6 di Cina) dengan Toyota Motor (atau disebut GAC Toyota Motor Co.Ltd).

Sedangkan Toyota IZOA listrik di produksi oleh FAW Toyota Motor Sales Co.Ltd. FAW Group Corporation merupakan perusahaan milik pemerintah Cina. Pabrikan itu selama ini dkenal sebagai produsen mobil, truk, serta bus yang aktif measarkan produknya ke berbagai negara.

Kedua odel itu menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dilengkapi baterai 54,3 kWh. Kabarnya, berkat baterai tersebut – secara teori – keduanya memiliki jangkauan jelajah lebih jauh ketimbang standar New European Driving Cycle (NEDC) yakni 400 kilometer (km). Namun pada kenyataanya bisa jadi hanya kurang dari 300 km.

Baterai untuk motir listrik Lexus UX 300e – dok.Insideevs

Adapun Lexus UX 300e merupakan crossover yang berbasis Lexus UX konvesional. Seperti dua saudara sepupunya itu – Toyota C-HR dan IZOA – model ini juga dibekali baterai berkapasitas 54,3 kWh.  Jika tak ada aral melintang peluncuran Lexus UX 300e ini dilansungkan pada Minggu (26/4/2020) nanti. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS