Januari – Maret, Daihatsu Gran Max Cengkeram Pasar Van
Daihatsu Gran Max 1.5 tahun 2019 - dok.Istimewa

Januari – Maret, Daihatsu Gran Max Cengkeram Pasar Van

Jakarta, Motoris – Pasar low van di Indonesia yang dihuni empat model – yakni Daihatsu Gran Max, Suzuki APV, Daihatsu Luxio, dan Wuling Formo – sepanjang tiga bulan pertama atau dari Januari hingga Maret masih landai-landai saja pergerakannya dari bulan ke bulan. Namun di sepanjang tiga itu, Daihatsu Gran Max tercatat mendominasi penjualan.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, selama rentang waktu itu, van yang dijajakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) itu terjual ke diler (wholesales) sebanyak 3.520 unit. Jumlah ini sekaligus mengantarnya bercokol di posisi teratas.

Di urutan kedua, bertengger Suzuki APV dengan penjualan sebanyak 1.171 unit. Dia disusul saudara Daihatsu Gran Max yakni Daihatsu Luxio yang di kuartal pertama itu terlego sebanyak 747 unit.

Ilustrasi, minibus Suzuki APV di IIMS 2019 – dok.Motoris

Adapun di urutan kelima terdapat van Wuling Motors, Formo. Mobil yangpertama kali diluncurkan pada 7 November 2018 itu, mengoleksi penjualan sebanyak 101 unit.

Total penjualan ke diler van karegori ini yang sebanyak 3.520 unit tersebut berasal dari penjualan sepanjang Januari 1.776 unit, Februari 1.950 unit. Seangkan di bulan ketiga atau Maret total penjualan menciut menjadi 1.813 unit. (Fan/Ara)

Wuling Formo versi Blind Van – dok.Istimewa

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )