Jadi Tulang Punggung di RI, Segini Penjualan DFSK Glory 560

Jadi Tulang Punggung di RI, Segini Penjualan DFSK Glory 560
DFSK Glory 560 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Sokonindo Automobile (Dongfeng Sokon/DFSK Indonesia) menyebut, model Low SUV Glory 560 yang diluncurkan di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) April 2019 lalu, telah menjadi tulang punggung penjualan kendaraan penumpangnya. Sejak April – Desember 2019, telah terjual sebanyak 1.275 unit.

“Capaian ini sukses membawa DFSK Glory 560 sebagai tulang punggung utama penjualan kendaraan penumpang DFSK di Indonesia dengan kontribusinya mencapai 70% dari total penjualan kendaraan penumpang, sedangkan 30% dari total penjualan DFSK selama tahun 2019,” ungkap Public Relation & Digital Manager PT Sokonindo Automobile, Arviane D Bahar, dalam keterangan resmi yang diterima Motoris, Jumat (24/4/2020).

Arviane menyebut, perusahaaanya telah melakukan survei terhapa konsumen pembeli FSK Glory 560 sepanjang kuartal pertama tahun 2020 atau sepanjang Januari – Maret tahun ini. Hasilnya, kata dia, mayoritas memanfaatkannya sebagai kendaraan penumpang dan pemakaian harian.

“Hal ini membuktikan bahwa konsumen telah mempercayakan kebutuhan mobilitasnya terhadap Glory 560, dimana kenyamanan menjadi salah satu faktornya,” klaim Arviane.

DFSK Glory 560 saat diperkenalkan di Ancol, Jakarta Utara tahun 2019 lalu – dok.Istimewa

Alasan lainnya dari konsumen yang disurvei, lanjut dia, memiliki harga yang terjangkau, kabin yang lega, desain eksterior yang menarik, kualitas produk terbaik, sampai kepraktisan berbagai fitur yang ditawarkan. “Kalau secara profil, pembeli DFSK Glory 560 banyak didominasi oleh orang-orang yang berjiwa muda dan sporty,” tandas Arviane tanpa menyebut angka penjualan di rentang tiga bulan pertama 2020 itu.

Terpaut jauh
Sementara, data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diperoleh Motoris belum lama ini menunjukan, penjualan ke diler (wholesales) Glory 560 masih terpaut jauh dibanding penjualan para pesaing. Di kuartal pertama itu, dia hanya mengoleksi angka penjualan 175 unit, yang berasal dari penjualan di Januari sebanyak 73 unit, Februari 66 unit, dan Maret 36 unit.

Sementara, para pesaingnya di periode yang sama membukukan penjualan ribuan atau bahkan belasan ribu unit. Toyota Rush misalnya mencatatkan penjualan sebanyak 12.097 unit, Daihatsu Terios 5.917 unit, dan Mitsubushi Xpander Cross 5.382 unit.

Ilustrasi, diler DFSK – dok.Motoris

Sementara, di kurun waktu yang sama, wholesales Suzuki XL7 – yang diluncurkan secara resmi 15 Februari 2020 – telah mencapai 3.985 unit. Kemudian Honda BR-V sebanyak 1.033 unit.

Pada periode triwulan pertama itu, total wholesales di segmen pasar Low SUV tercatat sebanyak 28.589 unit. Jumlah ini merupakan kumulatif dari penjualan Januari yang sebanyak 9.247 unit, Februari 8.838 unit, dan Maret 10.504 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS