Toyota Hilux Facelift Segera Hadir, Kuartal I di RI Terjual Segini

Toyota Hilux Facelift Segera Hadir, Kuartal I di RI Terjual Segini
BocFoto yang disebut sosok Toyota Hilux versi penyegaran atau versi facelift 2020 - dok.Milele Motors

Bangkok, Motoris – Setelah kabar kemungkinan segera meluncurnya Toyota Fortuner dan Toyota Innova versi anyar menyeruak di dunia maya, kini kabar paling anyar menyebut pikap Toyota Hilux versi penyegaran juga segera digelontorkan. Maklum, ketiganya merupakan produk Toyota yang dikembangkan dengan menggunakan satu plaform sama dalam proyek International Multipurpose Vehicle (IMV).

Hilux generasi kedelapan yang dilucurkan pada tahun 2015 lalu telah diremajakan pada tahun 2017. Kabar tentang sosok Hilux versi paling anyar itu dilaporkan laman Milele Motors dan Headlightmag belum lama ini. Ubahan kali ini – pada bagian eksterior – disebut cukup signifikan.

Bahkan, ubahan tersebut menjadi Hilux tampil seperti versi yang dijajakan untuk pasar Amerika Serikat dengan nama Toyota Tacoma. Maklum, Hilux merupakan produk global yang dipasarkan ke berbagai negara, seperti wilayah Amerika Utara (Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, Timur Tengah, Australia, dan Asia (termasuk Indonesia, Filipina, Thailand, dan lainnya).

Tampilan lampu utama, lampu sein, maupun DRL Toyota Hilux penyegaran atau cersi facelift 2020 – dok.Milele Motors

Dari beberapa foto yang beredar terlihat versi paling gres itu menggunakan grille depan dengan frame berbentuk heksagonal yang lebih tebal disaput krom atau kelir metalik. Sebagai aksen kisisi-kisi grille ini dibalur kelir hitam.
Tampilan lampu utama menggunakan proyektor dengan bi-xenon, dimana pada bagian rumah lampu terdapat LED DRL/positioning lamp, dan lampu sein LED. Namun, untuk tipe paling bawah, tetap menggunakan lampu utama halogen.

Sementara, bumper depan terkesan lebih kekar dengan hadirnya lekukan yang mirip dengan dengan bagian yang sama pada suadaranya, Tacoma. Pada bagian ini juga dipasang bezel lampu kabut dengan bentuk seperti huruf “L”.

Tampilan semakin keren karena Toyota melakukan ubahan pada bagian kaki-kaki. Gaya desain pelek ukuran 18 inci itu baru alias berbeda dengan versi lawas. Padu padan dua warna alias two tone juga menjadi pembeda.

Tampilan lampu belakang termasuk lampu sein dan lampu kabut belakang Toyota Hilux versi penyegaran 2020 – dok.Milele Motors

Ubahan yang tak kalah menarik juga terlihat di lampu bagian belakang. Bentuk heksagonal seperti grille depan juga diadopsi oleh gaya desain lampu yang telah menggunakan LED itu.

Sedangkan gagang pintu bak disaput krom. Selain menjadi pembeda dengan versi lawas, saputan itu juga mencuatkan kesan mewah.

Adapun untuk mesin, dalam inforasi yang tersaji hingga saat ini tak disebut sedikit pun. Artinya, patut diduga, Toyota tak mengutak-atik sektor mesin. Maklum, versi ini merupakan versi penyegaran alias facelift.

Tampilan belakang Toyota Hilux penyegaran 2020 – dok.Milele Motors

Penjualan di Indonesia
Toyota Hilux selama ini juga malang melintang di pasar kendaraan komersial Indonesia. Lantas akankah versi facelift tersebut juga segera hadir di Tanah Air? Hingga kini belum ada informasi.

“Soal model baru, kami belum bisa berkomentar,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, yang dihubungi di Jakarta, belum lama ini.

Namun, yang pasti, bicara soal penjualan, Toyota Hilux di Indonesia cukup lumayan. Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) belum lama ini menunjukan, di kuartal pertama tahun ini atau dari Januari – Maret pikap ini terjual ke diler (wholesales) sebanyak 1.608 unit.

Mitsubishi New Triton – dok.Motoris

Penjualan sebanyak itu berasal dari penjualan sepanjang Januari yang sebanyak 390 unit, Feruari 696 unit, dan Maret 522 unit. Total penjualan di tiga bulan pertama ini memang masih di bawah jumlah penjualan Mitsubshi Triton yang sebanyak 1.898 unit.

Namun Hilux tercatat jauh lebih unggul dibanding Isuzu D-Max yang di kurun waktu yang sama terjual hanya 31 unit. Bahkan jauh meninggalkan Chevrolet Colorado, Nissan Navara, dan Tata Xenon yang masing-masing terjual sebanyak 29 unit, 24 unit, dan 13 unit. (Fat/Ara)

Tampilan belakang Chevrolet Colorado High Country di IIMS 2019 – dok.Motoris

CATEGORIES
TAGS
Share This