Terlaris Keempat di Jepang, Segini Penjualan Toyota Sienta di RI

Terlaris Keempat di Jepang, Segini Penjualan Toyota Sienta di RI
Toyota New Sienta versi khusus yang dipamerkan di Indonesia Trade Expo 2018 di ICE, BSD City, Tangerang - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang tiga bulan pertama atau kuartal kesatu tahun ini, MPV kompak Toyota Sienta tercatat sebagai mobil terlaris keempat di Jepang – setelah Toyota Corolla, Toyota Raize, dan Nissan Note – di Jepang. Penjualan ritel di rentang waktu tersebut tercatat sebanyak 25.553 unit.

Data dari asosiasi diler kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Jepang atau Japan Automobile Dealers Association (JADA) yang dikutip laman Best Selling Cars belum lama ini menyebut, penjualan Toyota Sienta di kurun waktu tiga bulan pertama itu menyusut 2.813 unit dibanding kurun waktu sama tahun 2019 yang sebanyak 28.366 unit. Wabah virus corona yang mendera dunia – termasuk di Jepang yang membuat kegiatan diler juga terbatas – menjadi penyebab penurunan tersebut.

Bahkan tak hanya Sienta yang penjualannya mengkerut, tetapi juga model-model lain Toyota dan bahkan hampir semua merek. JADA mencatat, sepanjang triwulan pertama tahun ini total penjualan seluruh merek dan seluruh model kendaraan di Jepang – baik mobil, truk, mauun bus – terjual sebanyak 1.371.726 unit.

Kursi Roda bisa masuk ke bagasi Toyota Sienta meski tanpa dilipat – dok.Motoris

Jumlah penjualan ke konsumen (ritel) itu menciut 10,1% atau berkurang 157.000 unit dibanding rentang waktu sama tahun lalu. Tiga bulan pertama tahun 2019 masih sebanyak 1.528.213 unit.

Sedangkan penjualan Toyota Sienta di sepanjang kuartal pertama 2019 tercatat terus menanjak dari bulan ke bulan. Pada Januari misalnya, sebanyak 6.831 unit, Februari naik menjadi 8.266 unit, dan Maret menanjak menjadi 10.999 unit.

Lantas bagaimana dengan penjualan di Indonesia? Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan di sepanjang Januari hingga Maret tahun 2020 ini, penjualan Toyota Sienta ke diler (wholesales) sebanyak 164 unit.

Ilustrasi peluncuran Honda Freed, MPV pintu geser yang kini sudah tidak dijual lagi. dok. Hondajava.com

Jumlah itu merupakan kumulatif dari penjualan Januari yang sebanyak 31 unit, Maret 68 unit, dan Maret 65 unit. Di Tanah Air, Toyota Sienta melenggang sendirian. Pasalnya, PT Honda PRosect Motor (HPM) yang menjajakan pesaing Sienta – Honda Freed – sejak 2014 tak memproduksinya lagi dan tahun 2015 menghentikan penjualan karena angka penjualan yang terus mengkerut. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS