Produksi Disebut Sudah Berhenti, Datsun Masih Terjual 300 Unit

Produksi Disebut Sudah Berhenti, Datsun Masih Terjual 300 Unit
Ilustrasi, All New Datsun GO-Live Special Version - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sebelumnya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) disebut menghentikn produksi Low Cost Green Car (LCGC) Datsun – baik Datsun Go+Panca dan Datsun Go Panca – mulai Januari 2020. Namun, jangan salah, penjualan mobil tersebut hingga akhir Maret lalu masih terjadi.

Setidaknya penjualan dari pabrik ke diler (wholesales). Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di rentang Januari – Maret atau kuartal pertama 2020 Datsun masih membukukan penjualan sebanyak 300 unit.

Jumlah itu merupakan kumulatif dari penjualan di Januari yang sebanyak 226 unit, Februari 47 unit, dan Maret 27 unit. Dari jumlah ini, Datsun GO+ Panca mencatatkan penjualan sebanyak 85 unit, dan Datsun GO Panca 215 unit.

Sebelumnya, kabar berhentinya produksi Datsun diungkap Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika.

Ilustrasi, ragam varian Datsun yang dipasarkan Datsun Indonesia – dok.Istimewa

“Datsun itu kan November (2019) kemarin kan sudah sangat jelas kalau mereka akan berhenti produksi mobil (Januari 2020). Kalau resminya kemarin itu (Januari) karena sudah di-publish Datsun memang berhenti produksi,” papar Putu di sela sebuah acara diskusi pintar dengan media di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Putu mengaku tidak mengetahui apakah penjualan masih terjadi meski pabrik sudah tak mempoduksinya lagi. Tetapi, lanjut dia, Nissan Indonesia memastikan layanan purna jual dari Datsun tetap dijamin. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This