Sandang Mesin Kawasaki Ninja 1.000, Bimota KB4 Segera Brojol

Sandang Mesin Kawasaki Ninja 1.000, Bimota KB4 Segera Brojol
Model anyar yang disebut-sebut sebagai Bimota KB4 - dok.Visordown

Rimini, Motoris – Setelah beberapa waktu lalu gambar-gambar rendering alias rekaan bermunculan di ranah maya, kini kepastian sosok asli Bimota KB4 nongol, meski sengaja dibikin blur atau samar-samar. Bahkan, sebelumnya, motor sport bergaya retro besutan pabrikan Italia, Bimota, itu disebut-sebut bakal diluncurkan di hajatan EICMA 2020, November nanti (jika hajatan itu jadi dilangsungkan sesuai jadwal).

Seperti dilaporkan laman Visordown, Selasa (13/5/2020), KB4 merupakan kreasi kedua Bimota sejak 49% saham pabrikan yang didirikan pada tahun 1973 – oleh tiga sekawan Valerio Bianchi, Giuseppe Morri, dan Massimo Tamburini – itu pada Oktober 2019 lalu. Sementara, meski diburamkan, namun foto-foto tersebut masih memberi petunjuk gaya desain Bimota KB4 tersebut.

Tampilan belakang menonjolkan garis-garis tajam pada setiap sudutnya. Sebuah spakbor model ekor lebah sebagai ekornya. Meski berpenampilan retro, namun karakter sporty tetap mencuat, terutama dari setang. knalpot racing, hingga bagian kaki-kakinya.

Kesan retro memancar kuat di bagian depan berkat hadirnya lampu utama berbentuk bulat. Gaya khas retro ini merupakan daya tarik tersendiri dari model-model yang dihasilkan Bimota, bahkan jauh sebelum masuknya Kawasaki Motor ke manajemen pabrikan yang bermarkas di Rimini, Italia, itu.

Foto yang sengaja dibuat buram dan diklaim sebagai wujud asli Bimota KB4 – dok.Visordown

Untuk jantung pacunya disebut-sebut menggunakan mesin milik Kawasaki Ninja Z1000 atau Ninja 1000 SX yang berkubikasi 1.000 cc, empat silinder segaris. Mesin  itu diduga seperti semula mampu menyemburkan tenaga hingga 140 hp dan torsi 108 Nm.

Laman Motorcycles News mengabarkan, KB4 itu disokong dengan sistem manajemen sasis dan fitur elektronik besutan Kawasaki. Bahkan, teknologi throttle up-by-wire juga digunakan, sehingga fitur cruise control pun “ditanam” di Bimota KB4 tersebut.

Media Relation Bimota, Gianluca Galasso, mengatakan prototipe KB4 bakal diuji selama musim semi tahun ini.

Sekadar catatan, Bimota merupakan perusahaan spesialis memproduksi motor custom. Sederet motor buatan merek ternama seperti Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha, hingga Ducati pernah dikustom. Pada tahun 2017, pabrikan ini mengalami masalah keuangan dan menutup pabriknya di Rimini.

Gambar rendering Bimota KB4 yang telah marak beredar di dunia maya sejak beberapa waktu lalu- dok.Visordown

Tetapi pada Oktober 2019, Kawasaki Motor menyelamatkannya dengan membeli 49% sahamnya. Sehingga, tak heran jika kini proyek-proyek Bimota menggarap motor besutan pabrikan asal Jepang tersebut.(Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This