Alasan Toyota Lebih Pilih Jual Fortuner Ketimbang RAV4 di RI

Alasan Toyota Lebih Pilih Jual Fortuner Ketimbang RAV4 di RI
Ilustrasi, tampilan depan Toyota RAV4 TRD Off-Road - dok.Motor1.com

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) menegaskan  hingga saat ini belum berencana memperkenalkan SUV Toyota RAV 4 yang sejak beberapa tahun lalu menjadi SUV terlaris Toyota di wilayah Amerika Utara, Eropa, atau bahkan di wilayah lain. Ada sederet pertimbangan yang mendasari keputusan tersebut.

“Saya pikir enggak cuma RAV4 saja, tapi semua produk baru pasti kami pelajari. Produk apa pun kami akan pelajari,” papar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (15/5/2020).

Aspek yang dipelajari bukan sebatas kualitas produk dan ketersedian unit berikut sumber pemasok produk yang bersangkutan. Begitu pula dengan persetujuan dari prinsipal – yakni Toyota Motor Corporation – karena menyangkut distribusi dan pemataan penyebaran portofolio produk.

Selain itu kesiapan internal Toyota juga harus dipastikan. Mulai dari kesiapan diler, bengkel, dan sumberdaya manusianya, termasuk para mekanik. Begitu pula dengan spare part, komunikasi promosi, hingga pendidikan dari front line.

Tampilan belakang Toyota RAV4 versi anyar – dok.Carscoops

“Dan lain-lain, jadi investasi dari perkenalan satu produk itu cukup besar,” ucap Anton.

Setelah itu Toyota akan mempelajari respon – atau dalam bahasa resminya masukan – dari masyarakat konsumen di Tanah Air terhadap model yang akan diluncurkan. Begitu pun dengan Toyota RAV4.  “Tentu saja yang kami pelajari bukan produk, melainkan masukan dan kebutuhan dari konsumen Indonesia kira-kira seperti apa,” jelas dia.

Hasilnya, dari kombinasi berbagai studi itu disimpulkan bahwa sampai saat ini Toyota RAV4 belum menjadi salah satu produk yang akan masuk Indonesia. Meski, lanjut Anton, tak menutup kemungkinan kedepannya produk tersebut semakin cocok dan sesuai dengan kebutuhan di Indonesua, sehingga bisa diperkenalkan.

Ilustrasi, Toyota New Fortuner TRD Sportivo diluncurkan di gelaran GIIAS 2019 di ICE, Serpong, Tangerang – dok.Motoris

“(Sebab) melihat pangsa pasarnya dengan size (besarannya) dan harga (RAV4, yang) segitu, kita juga ada Fortuner. Nah, Fortuner secara demand dan juga kebutuhan memang masih menjadi kebutuhan yang lebih besar kalau kita bandingkan dengan RAV4,” jelas Anton.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang kuartal pertama atau dari Januari hingga Maret lalu total penjualan SUV ladder frame dari pabrik ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 8.736 unit. Dari jumlah itu Toyota Fortuner membukukan penjualan terbanyak.

SUV Toyota itu terjual sebanyak 4.615 unit. Sementara pesaing terberatnya, Mitsubishi Pajero Sport membukukan penjualan sebanyak 3.529 unit.

Toyota New Fortuner TRD Sportivo – dok.Motoris

“Sedangkan di April, Fortuner juga nomor satu (dalam penjualan ritel) dengan market share 31,7%,” imbuh Anton. (Lut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS