Ronin, Motor Keren Penuh Misteri yang Tengah Disiapkan TVS

Ronin, Motor Keren Penuh Misteri yang Tengah Disiapkan TVS
Konsep TVS Zeppelin yang dipamerkan di ajang Auto Expo 2018 - dok.Zigwheels.com

Chennai, Motoris – TVS Motor Company kembali memantik perhatian dunia setelah beberapa waktu lalu mengakuisisi pabrikan motor asal Inggris, Norton Motorcycles. Kali ini, pabrikan asal Chennai, India itu dikabarkan tengah menyiapkan peluncuran motor anyar dengan nama Ronin, setelah mendaftarkan nama tersebut sebagai merek dagang pada Februari lalu.

Seperti dilaporkan laman Motorbeam, kabar itu diungkap salah seorang pejabat pabrikan, yang menyebut TVS bakal memperkenalkan model anyar untuk tahun 2021. Namun, apa genre dari motor itu, hingga kini masih menjadi misteri meski marak disebut sebagai motor penjelajah alias cruiser.

Maklum, Ronin mirip dengan konsep motor cruiser TVS Zeppelin yang sempat dipamerkan di hajatan Auto Expo 2018. Hanya, belum ada informasi detil terkait spesifikasi, sehingga spekulasi pun bermunculan.

Laman Rushlane misalnya menyebut TVS Ronin akan menggunakan basis mesin yang sama oleh Apache 310 RR, sehingga disebut sebagai versi naked dari  motor itu. Dugaan ini didasari kenyataan masih adanya jalinan kerjasama antara TVS dengan BMW, sehingga motor anyar itu juga merupakan bagian dari kerjasama tersebut.

Ronin juga disebut-sebut menggunakan platform BMW G 310 GS – dok.Motorbeam

Jika benar seperti itu, maka TVS Ronin bakal mengusung mesin 312 cc, satu silinder DOHC degan sistem pendinginn enggunakn cairan. Mesin ini menyemburkan tenaga hingga 33,5 hp pada putaran mesin 9.500 rpm dengan torsi 27,3 Nm pada 7.700 rpm.

Disebutkan pula, sejatinya versi prouksi dari motor itu dijadwalkan sudah hadir di showroom diler pada tahun 2020. Namun, rencana tersebut harus diurungkan karena kondisi yang tak memungkinkan akibat wabah virus corona.

Fitur motor ini diklaim tergolong canggih. Sistem pencahayaannya menggunkan full LED plus DRL, pelek alloy racing, tuas rem dan kopling yang bisa disesuaikan, keyless go, dan kamera HD . Mesinnya satu silinder disokong teknologi E-Boost.

Namun, laman RideApart menduga motor tersebut sebuah cruiser hybrid, yang mengusung mesin konvensional berkapasitas 220 cc dengan motor listrik. Dari gambar-gambar yang beredar, sebutnya, Zeppelin bergaya desain sebuah cruiser modern.

TVS Ronin yang disebut sangat mirip dengan konsep TVS Zeppelin, dan kemungkinan besar sebagai motor cruiser – dok.Motorbeam

Masih penuh misteri. Tetapi, untuk kepastiannya baru akan terjawab pada tahun 2021 nanti. Karena pabrikan ini disebut bakal meluncurkannya secara resmi pada tahun itu, dan yang pasti cukup keren. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This