Versi Facelift akan Nongol di India, Ini Penjualan Honda Jazz di RI

Versi Facelift akan Nongol di India, Ini Penjualan Honda Jazz di RI
Honda Jazz atau Honda Fit versi facelift di pasar India - dok.Honda Car India

New Delhi, Motoris – Honda Motor di India disebut-sebut segera meluncurkan versi anyar atau versi facelift Honda Jazz. Perubahan yang dilakukan di hatchback itu diperkirakan hanya ringan ubahan ringan alias minor, meski standar emisinya telah BS-6.

Seperti dilaporkan laman Rushlane, Hindustan Times, dan Auto Today, Kamis (21/5/2020), Honda India diperkirakan hanya menyuguhkan varian bermesin bensin saja dan tak menyodorkan varian bermesin diesel lagi. Pasalnya, varian bermesin diesel itu penjualannya selama ini semakin tak menggembirakan.

Dari beberapa gambar teaser yang mulai disebar Honda India pada 20 Mei kemarin, ubahan yang terjadi diperkirakan hanya berupa penggunaan aksen krom pada sejumlah bagian. Kemudian lampu – baik lampu utama, lampu kabut, hingga lampu belakang- menggunakan LED.

Sementara untuk bagian interior ubahan belum bisa diketahui, karena gambar-gambar teaser yang ada tak ada yang menunjukan bagian tersebut. Sedangkan mesin yang diusung masih akan terap sama.

Honda Jazz facelift saat dites di India – dok.Autocarindia.com

Selama ini Honda Jazz di Negeri Sari itu menusung mesin bensin dan diesel, Mesin bensin adalah mesin NA i-VTEC 1,2 liter empat silinder. Mesin ini bertenaga 90PS dengan torsi 110 Nm.

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi manual 5 tingkat percepatan. Namun ada opsi transmisi otomatis (CVT).

Honda Jazz Indonesia
Berbeda dengan yang dipasarkan di India, Honda Jazz di Indonesia dibekali mesin bensin 1,5 liter empat silinder, 16 katup yang diimbuhi teknologi drive by wire. Semburan tenaga mesin ini mencapai 120 PS dengan torsi 145 Nm.

Selama ini, Honda Jazz menjadi penguasa pasar hatchback di Tanah Air. Bahkan, hingga April tahun 2020 kemarin.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di sepanjang Januari hingga April, penjualan Honda Jazz ke diler (wholesales) masih yang terbanyak dengan total 3.166 unit. Jumlah ini jauh di atas penjualan Toyota Yaris yang sebanyak 2.314 unit.

Namun, khusus di bulan April, wholesales Honda Jazz tertinggl Toyota Yaris. Di bulan keempat itu Honda Jazz terjual 91 unit, sedangkan Toyota Yaris mengantongi angka penjualan 102 unit. (Fer/Ara)

Honda Jazz – dok.Istimewa

Berikut penjualan ke diler (wholesales) Honda Jazz dan para pesaing di Januari – April 2020:
Mobil                       Unit
1.Honda Jazz        3.166
2. Toyota Yaris     2.314
3. Suzuki Baleno  1.189
4. Mazda 2                181
5. VW Polo                 50
6. Kia Rio                     8
Sumber : Gaikindo, 2020

 

CATEGORIES
TAGS
Share This