Sampai April, Penjualan Avanza Masih Dipepet Xpander

Sampai April, Penjualan Avanza Masih Dipepet Xpander
Ilustrasi, Toyota Avanza - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Penjualan Low MPV sepanjang bulan April – di tengah deraan wabah virus corona (Covid-19)  dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) – ke diler (wholesales) masih menggeliat meski dibanding bulan-bulan sebelumnya menderita penyusutan. Di bulan keempat ini, Toyota Avanza masih berada di urutan teratas dan Renault Triber di posisi buncit.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan wholesales Low MPV sepanjang bulan itu sebanyak 684 unit. Dari jumlah ini, Avanza menyumbang 277 unit dan berada di urutan pertama.

Setelah itu, Mitsubishi Xpander (tidak termasuk Xpander Cross) berada di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 179 unit. Dia disusul Daihatsu Xenia yang terjual sebanyak 96 unit, dan Honda Mobilio yang terlego 78 unit.

Suzuki Ertiga hanya bertengger di urutan kelima dengan penjualan sebanyak 38 unit. Pada urutan berikutnya terdapat Nissan Livina, Wuling Confero, dan Renault Triber, dengan penjualan 8 unit, 6 unit, dan 2 unit.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander versi facelift – dok.MMKSI

Dalam penjualan kumulatif dari Januari – April, wholesales Avanza juga masih dibayangi oleh Xpander dengan selisih hanya 569 unit. Tetapi, MPV berjuluk “Mobil Sejuta Umat” ini masih meninggalkan saudara kembarnya – Daihatsu Xenia – dengan selisih jumlah yang sangat jauh.

Kendati begitu, penjualan Daihatsu Xenia itu masih jauh lebih unggul ketimbang Suzuki Ertiga.

Berikut daftar wholesales Low MPV Januari – April 2020:

Mobil                              Unit

Toyota Avanza           20.083

Mitsubishi Xpander  19.514

Daihatsu Xenia           9.544

Suzuki Ertiga              4.098

Honda Mobilio           3.694

Nissan Livina              2.730

Wuling Confero           1.517

Renault Triber                 11

Sumber: Gaikindo, 2020. (Fan/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This