Anak Hary Tanoesoedibjo Menangi Lelang Motor Listrik Jokowi

Anak Hary Tanoesoedibjo Menangi Lelang Motor Listrik Jokowi
Presiden Joko Widodo meminta penjelasan soal skuter listrik Gesits kepada perwakilan manajemen PT Garansindo dan pimpinan ITS di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, 7 November 2018 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Pengusaha muda Warren Haryputra Tanoesoedibjo yang juga putera dari pemilik Grup MNC Hary Tanoesoedibjo, menjadi pemenang lelang sepeda motor listrik Gesits bertanda tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warren telah menaikan tawarannya dari Rp 2,1 miliar menjadi 2,55 miliar.

“Ada sejumlah pengusaha yang dihubungi panitia lelang (setelah pemenang lelang sebelumnya bernama M.Nuh – pengusaha asal Jambi – mengundurkan diri), tetapi yang diutamakan tetap penawar sebelumnya (yang bersamaan dengan M.Nuh) dalam lelang tersebut,” ujar Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, pada lelang sebelumnya, panitia telah terkena prank M.Nuh, yang menawar motor Gesits itu dengan nilai Rp 2,55 miliar. Namun, ternyata Nuh bukanlah seorang pengusaha tambang batubara seperti yang disebutkan sebelumnya.

Presiden Joko Widodo mencoba mengendarai skuter listrik Gesits berkeliling kompleks Istana Kepresidenan, Rabu 7 November 2018 – dok.Istimewa

Dia ternyata hanya seorang buruh harian. Setelah diamankan Polda Jambi, pria itu mengaku salah paham terhadap acara lelang yang dilangsungkan bersamaan dengan konser “Berbagi Kasih Bersama Bimbo” pada Minggu (17/5/2020), karena mengira hajatan itu merupakan acara bagi-bagi hadiah.

Setelah dimintai keterangan polisi dan diketahui salah paham, akhirnya dia dinyatakan gugur dan mundur dari lelang yang dinyatakan telah dimenanginya. Sehingga lelang pun kembali digelar, dimana Warren Haryputra Tanoesoedibjo bersedia menaikan tawarannya dari Rp 2,1 miliar menjadi Rp 2,55 miliar.

Pada lelang sebelumnya, Warren bukanlah penawar tertinggi kedua setelah Nuh. Pasalnya, sejumlah peserta mengajukan penawaran dengan nilai lebih tinggi darinya.

Mereka antara lain, Gabriele Mowengkang – pengusaha asal Manado, Sulawesi Utara – yang menawar Rp 2,5 miliar. Kemudian, Maruarar Sirait – politisi PDIP – yang mengajukan tawaran dengan nilai Rp 2,4 miliar.

Presiden Jokowi mencoba duduk di atas jok skutik listrik Gesits – dok.Istimewa

Sedangkan Warren menawar Rp 2,1 miliar. Namun nilai tawarannya lebih tinggi dibanding penawaran yang diajukan pengusaha asal Bogor, Jawa Barat, Ishak yang senilai Rp 1,8 miliar.

“Minat peserta lelang motor ini sangat tinggi, karena di situ ada tanda tangan Presiden Jokowi yang bisa menjadi kenangan dan koleksi seumur hidup,” ujar Bamsoet. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This