Pasar Disambar Corona, Penjualan Fortuner di April Masih Juara

Pasar Disambar Corona, Penjualan Fortuner di April Masih Juara
Ilustrasi, Toyota Fortuner, - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Masa tanggap darurat wabah virus corona yang berlaku di Indonesia sejak Maret lalu berdampak serius ke penjualan mobil di bulan April,  termasuk penjualan ke diler (wholesales). Bahkan, di segmen SUV ladder frame (yang dihuni Toyota Fortuner dan Pajero Sport Cs),  penjualan sepanjang April tercatat yang paling jeblok.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, sepanjang April kemarin wholesales SUV kelas ini hanya sebanyak 386 unit.  Padahal, selama bulan sebelumnya  – atau Maret – masih sebanyak 2.632 unit.

Bahkan di bulan Februari dan Januari masih di atas 3.000 unit, yakni 3.077 unit dan 3.027 unit.  Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto  menyebut melambatnya wholesales dikarenakan beberapa hal. Pertama, stok di diler masih banyak, sebab permintaan konsumen (ritel) juga menurun karena daya beli turun.

Mitsubishi Pajero Sport – dok.Motoris

Terlebih, kata dia, dalam suasana Covid-19, konsentrasi masyarakat lebih ke urusan kesehatan dan upaya yang terkait dengan pekerjaan mereka dan keberlangsungannya.

“Jadi, kalau distribusi (wholesales) juga turun itu wajar. Apalagi, setelah April banyak  daerah yang memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar),” ungkap dia saat dihubungi di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Sementara sepanjang April, Toyota Fortuner tercatat masih menjadi SUV ladder frame dengan wholesales terbanyak, yakni 252 unit dan mengungguli Mitsubishi Pajero Sport yang terjual sebanyak 83 unit. Mereka disusul Nissan Terra yang terlego 614 unit.

Isuzu MU-X – dok.Motoris

Pada urutan berikutnya terdapat Isuzu MU-X dan Chevrolet Trailblazer. Keduanya terjual 25 unit dan 3 unit.Posisi seperti ini juga terjadi di rentang waktu empat bulan atau dari Januari hingga April.

Berikut rincian wholesales SUV ladder frame Januari – April 2020:

Mobil                    Unit

Fortuner            4.867

Pajero Sport      3.612

Nissan Terra        614

Isuzu MU-X          25

Trailblazer              3

Sumber: Gaikindom 2020. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This