Fortuner dan Hilux Anyar Meluncur 4 Juni, Versi Kini Terjual Segini di RI

Fortuner dan Hilux Anyar Meluncur 4 Juni, Versi Kini Terjual Segini di RI
Rendering Toyota Fortuner facelift - dok.Kolesa.ru

Jakarta, Motoris – Kabar tentang peluncuran Toyota New Fortuner dan New Hilux versi facelift di Thailand kian nyaring terdengar. Media lokal Negeri Gajah Putih itu bahkan menyebut jadwal peluncurannya, 4 Juni nanti, dengan menggunakan sarana aplikasi digital.

Laporan media lokal yang dilansir laman Cartoq, Autocar India dan 91Wheels, Kamis (28/5/2020) menyebut dari sejumlah gambar rendering hingga foto hasil jepretan fotografer mata-mata – yang diklaim asli – menunjukan, ada sejumlah ubahan yang dilkaukan Toyota di Fortuner versi ayar itu. Mulai dari bumper depan dan belakang, lampu depan dan belakang, gril depan, gagang pintu, hingga pelek baru berukuran 18 inci baru dan ukuran 20 inci untuk tipe TRD.

Sedangkan ubahan di bagian interior disebut-sebut menyentuh bagian spidometer – meski belum bisa dipastikan apakah telah menggunakan TFT LCD – yang didesain dengan gaya anyar. Bahkan, fitur telematic atau pengontrolan fungsi mobil melalui telepon seluler juga disematkan.

Toyota New Fortuner facelift – dok.Istimewa via 91wheels

Kemudian head unit baru, kamera 360 derajat, serta Apple CarPlay dikabarkan menjadi fitor standar Fortuner versi anyar. Colokan USB di kursi tengah dan belakang juga disebut-sebut hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen saat ini.

Sedangkan untuk tipe tertinggi Toyota dikabarkan menanam fitur adaptive cruise control, Lane Departure Alert, Pre Collision System sebagai bagian dari Toyota Safety Sense. Tetapi yang pasti semua tipe telah dibekali tujuh airbag.

Mesin bensin yang diusung diperkirakan tidak mengalami perubahan. Meski, untuk varian bermesin diesel ada penyempurnaan. Mesin diesel 1GD-FTV 2.800 cc di-setting ulang sehingga semburan tenaganya bertambah.

Foto penampakan Toyota Fortuner versi facelift – dok.Creative311.com

Kehadiran Fortuner versi anyar di Thailand ini diduga kuat bakal menular ke Indonesia. Meski, PT Toyota Astra Motor (TAM) hingga kini masih belum bersedia berkomentar tentang kemungkinan itu. “Maaf, untuk model baru kami belum bisa berkomentar,” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi belum lama ini.

Namun, untuk penjualan ke diler (wholesales) sepanjang Januari hingga April lalu, Toyota Fortuner masih mendominasi. Tetapi sebaliknya, Toyota Hilux masih tertinggal oleh pesaingnya, Mitsubishi Triton.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, di empat bulan pertama itu Toyota Fortuner terjual ke diler sebanyak 4.867, Pajero Sport 3.612 unit, Nissan Terra 614 unit, Isuzu MU-X 25 unit, dan Chevrolet Trailblazer 3 unit.

Bocoran foto yang disebut sosok Toyota Hilux versi penyegaran atau versi facelift 2020 – dok.Milele Motors

Sedangkan di rentang waktu yang sama, wholesales Toyota Hilux 1.695 unit. Jumlah ini jauh di bawah angka penjualan yang dibukukan Mitsubishi Triton yang sebanyak 2.094 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS