Datsun Redi-GO Masih Berjaya di India, Kini Tantang Suzuki S-Presso

Datsun Redi-GO Masih Berjaya di India, Kini Tantang Suzuki S-Presso
Datsun redi-GO versi anyar - dok.Times of India

New Delhi, Motoris – Nissan India – yang juga memayungi merek Datsun – Selasa (2/6/2020) lalu meluncurkan versi anyar dari Datsun redi-GO dengan dua pilihan mesin yakni 800 cc dan 1.000 cc. Dengan serangkaian ubahan tampilan, versi anyar itu dibanderol 2,83 – 4,77 lakh, atau sekitar Rp55 – 90 jutaan.

Seperti dilaporkan Times of India dan Hindustan Times, Rabu (3/6/2020) Datsun menyebut redi-GO paling gres itu tak sekadar facelift namun juga memngusung ubahan di aspek teknis. Datsun membekalinya dengan Automated Manual Transmission (AMT).

“Datsun redi-GO terbaru, kami perkenalkan sebagai produk berkualitas dengan proposisi nilai yang tinggi,” papar Managing Director, Nissan Motor India, Rakesh Srivastava, dalam pernyataan resmi.

Ubahan yang dilakukan di versi anyar ini terlihat di bagian eksterior mulai dari depan hingga belakang. Pada bagian depan aksen krom melapisi bingkai grill di bagian samping kanan dan kiri serta bawah. Dekorasi silver menghias bagin tepi dari lapmu utama yang berbentuk ramping.

Interior Datsun redi-GO versi terbaru – dok.Times of India

Sedangkan Day Running Light (DRL) yang ditempatkan terpisah dari lampu utama – dan berada di samping kanan kiri – berdiri tegak membentuk huruf “L”. Dimana pada bagian ujung bawah nyaris menyentuh lampu kabut.

Nissan juga mengganti pelek berukuran 13 inci dengan pelek baru berukuran 14 inci. Alhasil dengan pelek baru dual tone tersebut, ground clearance Datsun redi-GO anyar ini juga terdongkrak menjadi 187 milimeter (mm), dan diklaim tertinggi di kelasnya.

Datsun juga menggunakan LED untuk lampu belakang. Sedangkan untuk interior, perubahan terlihat dari hadirnya layar hiburan 8 inci yang teroneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Renault Kwid – dok.Istimewa

Bersaing dengan S-Presso
Di India Datsun redi-GO berhadapan  dan bersaing ketat dengan Renualt Kwid dan Suzuki S-Presso. Meski, sejatinya dengan Renualt Kwid, redi-GO memiliki kemiripan karena keduanya dilahirkan oleh dua pabrikan yang beraliansi, yakni Nissan dan Renault.

Keduanya juga memiliki varian yang hampir mirip. Redi-Go ditawarkan dalam varian bermesin 800cc dan 1.000cc. Varian bermesin 800 cc disebut memiliki tenaga hingga 54 bhp dengan torsi 72 Nm. Sedangkan varian bermesin 1.000 cc semburan tenaganya mencapai 67 bhp dengan torsi 91 Nm.

Penyaluran tenaga ke roda pada dua varian itu menggunakan transmisi manual lima tingkat percepatan sebagai firur standar. Naun untuk varian 1.000 cc memiliki opsi menggunakan transmisi S-Drive AMT.

Suzuki S-Presso – dok.News18.com

Sementara, varian terakhir itu juga berhadapan dan bersaing ketat dengan Suzuki S-Presso. Mobil Suzuki itu juga bermesin 1.000 cc yang disebut bertenaga 67 bhp dengan torsi 90 Nm.

Semburan tenaga ditransfer ke roda menggunakan trasmisi manual lima tingkat percepatan. Namun, seperti halnya Datsun redi-GO, juga ada opsi transmisi otomotis AGS lima tingkat percepatan. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This