Hilux Anyar Ada Varian 2.8 Liter, Lebih Ganteng dan Paling Joss

Hilux Anyar Ada Varian 2.8 Liter, Lebih Ganteng dan Paling Joss
Toyota Hilux versi terbaru diluncurkan di Thailand - dok.NewsroomToyota.eu

Brussels, Motoris – Hari ini, Kamis (4/6/2020) Toyota Motor di Thailand resmi meluncurkan versi terbaru pikap medium Toyota Hilux. Selain ubahan tampilan dan pembaruan plus penambahan fitur anyar, di versi paling gres ini juga dihadirkan varian baru yakni bermesin 2.8 liter.

Satu catatan menarik yang penting digarisbawahi adalah pernyataan Toyota – seperti dilansir dalam laman resmi Newsroom.Toyota.eu, Kamis (4/6/2020), tentang keunggulan varian anyar itu.

Dengan mengusung tagline ‘Invincible‘ varian paling tinggi ini tak cuma tampil lebih keren tetapi juga memiliki keandalan dan performa lebih joss. Toyota menyebutnya tampil necis tapi tak mengorbankan ketangguhan, kekokohan, daya tahan dan keandalan Hilux yang selama ini diakui dunia.

Interior depan Toyota Hilux anyar – dok.NewsroomToyota.eu

“Kehadiran (varian 2.8 liter) ini melengkapi varian pikap Toyota, dengan kinerja yang sangat kompetitif di segmennya,” bunyi pernyataan tersebut.

Varian ini diklaim sanggup menyemburkan tenaga hingga 204 hp dengan torsi 500 Nm. Meski soal performa ini di Eropa belum dipublikai secara resmi karena  masih menunggu homologasi final New European Driving Cycle atau NEDC.

Hasil tes menunjukkan, akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) atau dari 0-100 kpj hanya dalam tempo 10,0 detik.

Tampilan gril dan bemper depan Toyota Hilux anyar varian 2.8 liter yang mencuatkan kesan kokoh dan keren dok.NewsroomToyota.eu

Artinya, lebih cepat 2,8 detik dibanding varian bermesin 2.4 yang ada saat ini. Sedangkan bahan bakarnya 7,81 liter per 100 kilometer jarak yang ditempuh. Emisi gas CO2 yang dihasilkan hanya 204 gram per kilometer.

Toyota menyuguhkannya dalam tiga pilihan kabin, yakni Single Cabin, Extra Cabin dan Double Cabin. Semuanya mempunyai pilihan transmisi manual atau otomatis 6 tingkat percepatan. Mereka bersistem penggerak 4 roda (4 WD).

“Hilux baru menggabungkan desain baru dengan perubahan yang mencolok, penambahan powertrain 2,8 liter yang kuat, serta diikuti peningkatan kemampuan kinerja on dan off-road dengan kenyamanan yang lebih tinggi,” sebut pabrikan terbesar di Jepang itu.

Tampilan belakang Toyota Hilux versi anyar – dok.NewsroomToyota.eu

Desain dan teknologi
Tampilan wajah Hilux anyar ini memang berubah signifikan karena didesain ulang. Ini terlihat mulai dari gril tiga dimensi dengan bilah horizontal dan logo Toyota disepuh krom. Dia menggunakan lampu depan LED dan lubang udara berdesain baru.

Begitu pula bemper. Lampu kabut juga tak luput dari ubahan, berbentuk lebih kecil dengan bingkai yang berlapis krom. Lampu ini juga menggunakan LED.

Secara keseluruhan tongkrongan Hilux varian ini terkesan lebih kokoh dan kuat. Kesan itu semakin mencuat kuat dengan hadirnya pelek anyar berukuran 18 inci yang dilabur kelir hitam.

Tampilan depan Toyota Hilux versi anyar – dok.NewsroomToyota.eu

Kenyamanan pun diklaim lebih tinggi dibanding versi yang ada saat ini (varian 2.4 liter yang ada sebelumnya). Sebab, Toyota menyempurnakan geometri perangkat sistem suspensi.

Tingkat kenyamanan semakin sempurna dengan kehadiran sejumlah fitur anyar di kabin. Seperti dikatakan Toyota, kabin versi anyar ini juga ditata ulang. Konsol tengah didesain ulang untuk memberi kenyamanan dan kemudahan.

Layar perangkat hiburan berukuran 8 inci menyuguhkan tombol mekanis untuk pengoperasian fitur-fitur secara cepat, mudah, dan nyaman.

Tampilan pelek versi ayar berukuran 18 inci yang dipakai Toyota Hilux versi anyar – dok.NewroomToyota.eu

Sistem multimedia yang disempurnakan itu disokong perangkat lunak dengan respon layar yang lebih cepat. Perangkat ini menggabungkan Apple CarPlay® dan Android Auto ™ yang terkoneksi dengan smartphone.

Melalui sistem itu fitur navigasi satelit, AC otomatis, sensor parkir depan dan belakang, sistem audio, dan lain-lain. bisa dioperasikan dengan mudah.

Fitur audionya terbilang mewah yakni besutan JBL  dengan 9-speaker yang menggabungkan amplifier 8-channel 800W, plus teknologi CLARi-Fi. Selain itu, beragam aksesoris juga disiapkan bagi mereka yang hobi mendandani kendaraannya.

Tampilan bak Toyota Hilux versi anyar saat penutup dibuka – dok.NewsroomToyota.eu

Seperti dilaporkan laman Autocar dan Autoworld Dergisi, Senin (1/6/2020) pembalap asal Spanyol, Fernando Alonso yang didampingi co-driver Marc Coma telah menguji Hlux anyar itu. Mereka mengetes Toyota Gazoo Racing Hilux spec-raid, untuk persiapan Reli Dakar.

“Hilux merupakan ikon dan saya selalu menjadi penggemar. Jadi sangat bagus menguji Hilux baru di lingkungan yang menantang dan menggebernya hingga batas maksimal kemampuannya. Mesin baru luar biasa dan suspensi baru terasa hebat,” ujar Alonso.

Rencananya, versi  ini dijual di Eropa mulai Juli nanti. Ada tiga pilihan warna – untuk pasar Eropa – yang ditawarkan. Ketiganya adalah Emotional Red II, Dark Blue, serta Oxide Bronze metallic. (Fer/Ara)

Bemper belakang Toyota Hilux vesi anyar – dok.NewsroomToyota.eu

CATEGORIES
TAGS
Share This