Ribuan Toyota RAV4 Di-recall, Gegara Ini

Ribuan Toyota RAV4 Di-recall, Gegara Ini
Toyota RAV model 2020 - dok.Cars.com

Washington, Motoris – Toyota Motor (Toyota) menyatakan akan menarik (recall) 9.500 unit Toyota RAV4 – yang terdiri dari versi konvensional dan hybrid – karena swing arm suspensi bawah bagian depan retak. Unit yang ditarik merupakan model 2019 dan 2020.

Pengumuman National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang dilansir laman resmi lembaga dan Cars, belum lama ini menyebut dari jumlah mobil yang ditarik 7.300 unit merupakan mobil konvensional. Sedangkan 2.172 unit merupakan versi hybrid.

“Perangkat suspensi depan bagian bawah – swing arm – diproduksi dengan cara-cara yang tidak tepat. Sehingga, berpotensi retak dan lepas dari roda. Akibatnya, laju mobil tidak terkontrol dan berpotensi besar menimbulkan kecelakaan,” bunyi pernyataan NHTSA.

Unit tersebut diidentifikasi merupakan mobil yang diproduksi pada 25 September dan 29 Oktober. Toyota akan menghubungi pemilik kendaraan yang diidentifikasi mengalami masalah itu pada pertengahan Juli nanti.

Tampilan belakang Toyota RAV4 versi anyar – dok.Carscoops

Diler akan mengganti perangkat yang bermasalah tersebut tanpa memungut biaya apapun dari pemilik. NHTSA juga menegaskan, hingga kini tidak ada laporan yang menyebut kasus kecelakaan akibat masalah itu.

Toyota RAV4 merupakan SUV Toyota terlaris di dunia. Seperti dilaporkan laman Toyota Europe Newsroom, belum lama ini, sejak dipasarkan tahun 1994 hingga Februari 2020, SUV ini telah terjual 10 juta unit lebih.

“Bahkan, SUV yang telah dibuat lima generasi ini pada tahun 2019 lalu bukan hanya menjadi SUV terlaris, tetapi juga tercatat sebagai kendaraan penumpang terlaris keempat di dunia,” tulis laman tersebut. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This