Fortuner Anyar Meluncur, Banderol Rp 591 Juta – Rp 824 Juta

Fortuner Anyar Meluncur, Banderol Rp 591 Juta – Rp 824 Juta
Toyota Fortuner facelift - dok.Toyota Thailand

Bangkok, Motoris – Toyota Motor di Thailand resmi meluncurkan versi anyar SUV Toyota Fortuner dalam dua varian yakni standar (bermesin diesel 2.4 liter) dan varian tertinggi (bermesin diesel 2.8 liter) bertitel “Legender’, Toyota melakukan serangkaian ubahan pada versi terbaru Fortuner itu.

Pernyataan pabrikan yang dikutip sejumlah media lokal negeri itu, Kamis (4/6/2020) menyatakan Fortuner anyar itu memiliki varian anyar dengan mesin diesel 2.8 GD Super Power Engine. Mesin 2.8 liter tersebut menyemburkan tenaga hingga 201 hp dengan torsi 500 Nm di putaran mesin 1.600 sampai 2.800 rpm.

Meski kubikasinya besar dengan semburan tenaga yang gede, namun konsumsi bahan diklaim masih terbilang irit.

Regional Chief Engineer Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing Company Limited, Jurachart Jongusuk, menyebut Fortuner Legender dirancang untuk mencerminkan karakter penggunanya yang berkelas dan berkarakter. Gaya desainya lebih tajam dan aerodinamis bertema Prestige and Cool.

Interior Toyota Fortuner anyar – dok.Toyota

“Fortuner merupakan kendaraan penumpang dengan penjualan terlaris di Thailand. Generasi kedua Fortuner telah lima tahun malang melintang di pasar. Dan kini kami memperkenalkan pengembangan dengan gaya desain yang lebih menarik bertema Prestige and Cool,” kata dia.

Fortuner facelift tersebut menggunakan grill depan berukuran lebih besar dengan bumper. Sekilas, tampilan depan mirip dengan Toyota Harrier dan RAV4 terbaru. Ubahan lampu depan LED plus DRL, serta bezel lampu kabut memberikan menjadikannya terkesan lebih modern. Begitu pula dengan lampu belakang LED.

Perbedaan antara dua varian itu pada lekukan bodi. Selain itu Fortuner Legender menggunakan pelek berukuran 20 inci. Sedangkan varian standar berpelek 18 inci.

Pembeda lainnya adalah dimensi gril depan, meski keduanya menggunakan gril bergaya desain anyar. Begitu pula dengan bemper depan maupun belakang. Bagian atap juga berbeda. Varian Lagender menggunakan atap dual tone.

Salah satu fitur anyar Toyota Fortuner anyar adalah sistem pembuka pintu belakang yang cukup dengan mengayunkan kaki di bawah bemper belakang – dok.Toyota

Fitur
Kedua varian dilengkapi fitur Apple CarPlay yang menyuguhkan variasi hiburan yang terkkemksi dengan aplikasi T-Connect. Selain itu ada kamera 360 derajat. Pengecasan ponsel nirkable juga tersedia.

Toyota juga memberinya fitur Activated Kick Door yang berfungsi untuk memberi kemudahan membuka pintu belakang. Dengan fitur ini membuka pintu cukup mengayunkan kaki di bawah bemper belakang.

Sedangkan dengan Clearance Sonar, posisi keempat ban – apakah masih berbelok atau sudah lurus – ditampilkan di layar MID. Selain itu, dengan fitur itu pula bisa dideteksi keberadaan benda lain di keempat sudut mobil.

Toyota Fortuner terbaru yang dilabeli Legender meluncur resmi di Thailand – dok.Toyota

Toyota juga menanam fitur Variable Flow Control. Fitur ini bermanfaat untuk mengatur power steering untuk disesuaikan dengan kecepatan mobil. Pengarurannya secara otomatis, sehingga menunjang keamanan berkendara, karena kestabilan kendaraan mobil terjada karena setir juga disatbilkan sesuai kecepatan.

Fitur keamana lainnya adalah Pre-Collision System, Dynamic Cruise Control, serta Lane Departure Alert. Dan tentu saja airbagdi tujuh titik.

Varian mesin diesel 2.4G transmisi otomatis dibanderol 1,39 juta Baht atau sekitar Rp 591 jutaan. Sedangkan Fortuner 2.8 Legender AT 4WD dihargai 1,84 juta Baht atau sekitar Rp 824 jutaan.(Fan/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS