Versi Kini Laris, Aston Martin Bakal Bikin SUV DBX Versi 7 Seater
Aston Martin DBX - dok.Autocar

Versi Kini Laris, Aston Martin Bakal Bikin SUV DBX Versi 7 Seater

Gaydon, Motoris – Mobil sport serbaguna (SUV) Aston Martin DBX lima kursi yang diluncurkan Aston Martin Lagonda pada November 2019 dan mulai dikirim ke pembeli pada Juli – September tahun ini, ternyata mendapat sambutan bagus dari konsumen. Lantaran itulah, pabrikan yang bermarkas di Gaydon, Inggris, ini berniat untuk membuat versi baru dari SUV itu, yakni 7 kursi penumpang.

Seperti dilaporkan laman Motor Authority dan The Business Journal, Senin (8/6/2020), DBX 7 ursi itu rencananya mulai digarap pada tahun 2021 mendatang. Langkah ini juga sejalan dengan visi bos baru Aston Martin, Lawrence Stroll, untuk fokus ke mobil sport termasuk SUV.

Seperti dilaporkan Reuters dan Financial Times, beberapa waktu lalu, Stroll yang merupakan milaider asal Quebec, Kanada, itu akhir tahun 2019 telah membeli 16,7% saham Aston Martin, Berkat kepemilikannya itu, ia didapuk sebagai Chairman perusahaan. Saat itu, dia juga berhasil menggalang dana untuk penyelamatan Aston Martin yang terseok karena terlilit utang.

Kini, keinginan Stroll untuk fokus ke SUV semakin menguat karena Aston Martin DBX telah terbukti memang laris. Sudah dipesan 2.000 unit sejak diluncurkan di pengujung tahun 2019 lalu.

Lawrence Stroll, miliarder asal Quebec, Kanada yang menjadi juragan baru Aston Martin – dok.Planet F1

“Saya sangat senang karena jadwal pengiriman pesanan DBX seperti semula yakni di musim panas (Juni – September), setelah membukukan pesanan yang banyak hingga tahun 2021,” kata Stroll saat presentasi hasil keuangan kuartal pertama Aston Martin, Mei lalu.

“Berdasarkan pesanan awal yang berhasil untuk DBX  itulah, kami berencana untuk membuat versi turunan (dari Aston Martin DBX, yakni 7 kursi penumpang) mulai dari tahun 2021 nanti,” imbuh Stroll yang juga pemilik tim balap Formula 1, Racing Point itu.

Terlebih, fakta juga menunjukan saat ini permintaan SUV di dunia terus berkembang. Bahkan, seperti dicatat Asosiasi Produsen Mobil Eropa, SUV mewah kini menjadi penumpang penjualan mobil merek mewah Lamborghini dan Bentley.

“Permintaan di luar Eropa, seperti di Cina dan Amerika Serikat juga terus membubung,” bunyi pernyataan asosiasi tersebut.

Aston Martin DBX 7 Seater – dok.Autocar

Mesin anyar
Laman Autocar, Senin (8/6/2020) menyebut, pada Maret lalu Aston Martin sempat memaparkan mesin V6 yang dikembangkannya sendiri. Kabarnya, mesin itulah yang bakal disandang Aston martin DBX 7 seater nanti, dan bahkan ada keungkinan dibuat versi hybrid.

Tetapi, sebelum diberikan ke DBX versi paling gres tersebut, mesin itu bakal digunakan oleh supercar Valhalla. Dan yang pasti, mesin itu menjadi tahapan awal untuk menggantikan mesin V8 yang selama ini disediakan oleh Mercedes-Benz AMG.

Aston Martin DBX versi 5 seater yang sekarang tengah dijual mengusung mesin V8 berkubikasi 4.0 liter Twin Turbocharger yang bertenaga hingga 542 hp. Mesin tersebut sebelumnya juga dipakai oleh Aston Martin DB11.

SUV Aston Martin DBX saat berada di Downing Street 10 – dok.Istimewa

Dengan semburan tenaga sebesar itu, Aston Martin DBX mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam waktu 4,3 detik. Akselerasi ini lebih cepat dari akselerasi Rolls-Royce Cullinan, tetapi sedikit lebih lambat dari Lamborghini Urus yang mencapainya hanya dalam tempo 3 detik. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )