Hingga Mei, Wholesales Fortuner Masih Jauh Ungguli Pajero

Hingga Mei, Wholesales Fortuner Masih Jauh Ungguli Pajero
Toyota Fortuner versi yang saat ini ada di pasar Indonesia - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Kabar yang santer beredar di pasar otomotif roda empat atau lebih Indonesia saat ini adalah, kemungkinan menggelontornya mobil baru – baik facelift maupun yang benar-benar baru – di semester kedua tahun ini. Peluncuran direncanakan di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 atau lainnya tergantung situasi dan kondisi terkait upaya-upaya pencegahan Covid-19.

“Kita berusaha keras untuk menggairahkan pasar yang sudah terus menurun karena kondisi pandemi yang tidak bisa kita hindari. Karena itu kehadiran pameran dan hadirnya model-model baru (termasuk versi penyegaran atau facelift) itu akan menarik minat konsumen. Memang, kabarnya sudah banyak APM (agen pemegang merek) yang akan meluncurkan (model atau versi baru),” ungkap Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (18/6/2020) meski tanpa menyebut merek dan model yang bakal meluncur.

Namun, kabar yang nyaring terdengar di diler-diler APM menyebut dua mobil versi anyar yang bakal meluncur di Tanah Air adalah SUV Toyota Fortuner dan pesaingnya Mitsubishi Pajero Sport. Maklum, Pajero Sport versi paling anyar di Thailand sudah melenggang ke pasar sejak Juni tahun lalu.

Ilustrasi, Mitsubishi Pajero Sport versi terbaru meluncur di Thailand – dok.Istimewa via Headlightmag.com

Sedangkan Toyota Fortuner menggelontor secara global – juga diawali di Negeri Gajah Putih – pada 4 Juni lalu. SUV ladder frame Toyota versi paling gres ini disajikan dalam dua pilihan mesin 2,4 liter dan 2,8 liter 4WD (tipe tertinggi atau Legender).

Hanya, soal kabar meluncurnya versi anyar Fortuner itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) masih malu-malu menanggapinya. “Maaf, untuk model baru, kita belum bisa berkomentar,” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi, belum lama ini.

Smentara, soal penjualan ke diler (wholesales) di pasar SUV ladder frame – yang dihuni Fortuner, Pajero Sport, Nissan Terra, Isuzu MU-X, dan Chevrolet Trailblazer – di rentang Januari hingga Mei, Toyota Fortuner tercatat masih yang terbanyak. Data yang dihimpun Gaikindo menunjukkan, di lima bulan pertama itu, wholesales Fortuner sebanyak 4.897 unit.

Fortuner anyar varian Legender – dok.Toyota

Sedangkan – di saat yang sama – Pajero Sport sebanyak 3.721 unit, Nissan Terra 649 unit, Isuzu MU-X hanya 30 unit, dan Chevrolet Trailblazer cuma 3 unit. SUV Chevrolet itu – hanya membukukan penjualan hingga April saja- sepanjang Mei sudah tidak mencatatkan penjualan. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS