Transmisi Bermasalah, 95.000 Jeep Cherokee Di-Recall

Transmisi Bermasalah, 95.000 Jeep Cherokee Di-Recall
Jeep Cherokee 2017 telah terjual di hampir seluruh negara yang ada di dunia - dok.CarGurus

Detroit, Motoris – Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Fiat Chrysler Automobile (FCA) menyatakan akan menarik (recall) 95.000 unit Jeep Cherokee model 2014 – 2017, setelah ditemukan masalah pada transmisi dan sistem pengereman di mobil itu. Mobil model tahun-tahun tersebut diketahui tiba-tiba kehilangan daya saat melaju dan mobil tiba-tiba menggelibding meski tuas transmisi sudah dipindah ke mode P (parkir).

Pernyataan National Highway Safety Traffic Administration (NHTSA) yang dikutip Associated Press dan Detroit Free Press, Jumat (19/6/2020) menyebut, mobil yang ditengarai bermasalah dengan total 95.000 lebih itu berada di berbagai negara.

Di Amerika Serikat diketahui sebanyak 67.248 unit, Kanada sebanyak 13.659 unit, Meksiko 716 unit, dan 9.940 unit lainnya berada di negara-negara lain. Meski ada kemungkinan jumlah bertambah, dengan adanya indikasi masalah-masalah itu juga diidap oleh model-model di tahun yang lebih baru.

Jeep Cherokee model 2017 – dok.Istimewa

Hasil investigasi pabrikan maupun NHTSA beberapa waktu lalu menunjukkan, permasalahan yang terjadi itu adalah, tiba-tiba bergantinya mode berkendara dari sistem penggera all-wheel-drive menjadi front-wheel-drive meski pengemudi tak melakukan pengubahan. Akibatnya terjadi keausan yang membuat putaran pada roda depan tidak bertenaga.

NHTSA menyatakan ada satu laporan kecelakaan akibat masalah tersebut, meski tidak menimbulkan korban luka atau meninggal dunia, Lembaga itu menyebut sedikitnya 829 klaim garansi diajukan oleh pemilik kendaraan terkait masalah tersebut.

FCA menyatakan akan melakukan pemberitahuan penarikan kepada pemiliki mulai 31 Juli, nanti. (Ril/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS