Suzuki Ketiban Durian Runtuh, Bisa Punya SUV Hybrid Seperti Ini

Suzuki Ketiban Durian Runtuh, Bisa Punya SUV Hybrid Seperti Ini
Suzuki ACross - dok.Wapcar

Tokyo, Motoris – Toyota dikabarkan telah memulai produksi SUV baru Suzuki berbasis Toyota RAV4 hybrid, di pabrik Jepang. Mobil ini rencananya dipasok ke pasar Eropa.

Dilansir Cars UK, Jumat (19/6/2020), ACross bakal ditaruh di atas SX-4 S-Cross dan berbasis RAV4 hybrid. Ini merupakan kesepakatan Toyota dan Suzuki untuk saling mengeksploitasi kenggulan masing-masing. Kita tahu, soal hybrid-hybrid-an, Toyota adalah rajanya, sedangkan Suzuki jago main mobil kecil. Buktinya, Toyota Glanza, produk rebadge Suzuki Baleno, laku keras di India.

Kembali ke SUV baru Suzuki. Cars UK memprediksi namanya ACross. SUV segmen D ini kemungkinan hadir dengan grille berbeda dari RAV4 dan bisa saja lebih dari sekadar itu.

“Kehadiran SUV ini membantu Suzuki untuk memangkas mematuhi aturan emisi gas buang CO2 di Eropa, berkat sistem hybrid RAV4,” tulis Cars UK mengutip Just Auto.

Tampilan belakang Toyota RAV4 versi anyar – dok.Carscoops

Bukan cuma RAV4 yang diincar Suzuki, melainkan juga Toyota Corolla Estate. Ini sesuai pengumuman yang dibuat dua pabrikan Jepang itu tahun lalu.

Suzuki ACross diproyeksikan mulai dijual akhir tahun ini atau awal 2021, sebelum Suzuki Corolla tiba di Eropa.

Dari sini, kita bisa simpulkan Suzuki seperti ketiban durian runtuh, karena sukses mendapatkan barang-barang gres global Toyota. Info saja, RAV4 ini barang laris Toyota di Amerika Serikat (AS) dan bersaing keras dengan Honda CR-V dan Nissan Rogue alias X-Trail. Belum lama ini, hadir RAV4 PHEV untuk pasar Jepang dengan banderol sekitar Rp 599 juta.

Indonesia tak kebagian RAV4. Kita hanya kebagian Fortuner yang masuk proyek IMV Toyota bersama pickup Hilux dan MPV Kijang Innova. (Gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This