Ini Cerita di Balik Fakta Motor Aston Martin Rp 1,7 Miliar

Ini Cerita di Balik Fakta Motor Aston Martin Rp 1,7 Miliar
Aston Martin MB 001 - dok.Istimewa

Paris, Motoris – Setelah meluncurkannya di di hajatan EICMA, Italia, 5 November 2019 lalu, akhirnya sepeda motor hasil kolaborasi antara Aston Martin Lagonda dengan Brough Superior, dites jalan. Motor bernama AMB 001 ini hanya dibuat 100 unit saja dan dibanderol 108.000 euro atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Seperti dilaporkan Motorycles News dan Auto Scout24, Rabu (24/6/2020), di Pau- Arnos, Prancis. Setelah pengujian ini, motor tersebut akan diproduksi di pabrik Brough Superior, Toulouse, Prancis dan mulai dikirim ke pembeli pada akhir tahun nanti.

Executive Vice President and Chief Creative Officer, Marek Reichman mengaku senang melihat prototipe yang tegah dites tersebut. Sebab, para insinyur dan desainer kedua pabrikan yang berkongsi telah menunjukkan kemajuan pencapaian upaya.

“Tentu saja kami sangat senang melihat banyak kemajuan yang dicapai oleh tim dalam proses pengembangan motor tersebut. Mereka telah menghasilkan sebuah produk yang luar iasa baik di dalam maupun di luarnya. Terus terang, sejak awal kami menantikan proses produksi motor yang luar biasa ini dimulai,” papar dia seperti dilansir This Money UK.

Tampilan dari samping AMB001 saat dites – dok.Today News Post

Hanya sayang, dalam tayangan video maupun foto-foto yang beredar di ranah maya tak terlihat dengan jelas detil-detil dari motor tersebut karena tertutup kamuflase. Meski, secara umum bagian-bagian penting dari “kuda besi” itu masih bisa diketahui.

Perangkat suspensi misalnya, berada di bagian tengah bukan seperti pada umumnya motor yang berada pada bagian tengah bukan pada sisi roda. Motor ini juga menggunakan fairing.

Sirip dari bahan serat karbon membentang sepanjang tangki bahan bakar melewati jok hingga menembus bagian belakang. Tangki bahan bakar tersebut dibuat dari bahan alumunium.

“Bodi motor ini dibuat dengan menonjolkan unsur kemewahan di berbagai sisi untuk bisa menambah kesan ekslusif,” ungkap Chief Executive Officer Brough Superior, Thierry Henriette.

Sepeda motor Aston Martin tengah diuji jalan – dok.Motorcyclenews

AMB 001 dibekali mesin berbahan bakar bensin V-twin turbocharged yang bertenaga hingga 108 hp. Meski sejatinya, mesin yang digunakan itu merupakan mesin yang telah ada di jajaran model yang pernah dibuat Brough Superior, namun tetap diracik ulang oleh para insinyur kedua pabrikan.

Sebelumnya, seperti dilansir Telegraph, beberapa waktu lalu, Thierry Henriette mengatakan, Aston Martin dan Brough Superior merupakan dua produsen otomotif mewah yang punya hasrat sama pada desain dan kinerja eksklusif. “Gagasan mengembangkan sepeda motor dalam kerangka kemitraan yang erat muncul secara alami,” kata dia.

Jok AMB001 – dok.Slashgear

Sejarah Brough Superior
Tetapi yang pasti, seperti dilaporkan Telegraph, dan Piston Heads yang mengutip sumber internal di Aston Martin, kolaborasi ini muncul dari ide dua orang sekawan yang sama-sama memiliki hobi menunggang sepeda motor yakni Marek Reichman dan Thierry Henriette. Kebetulan mereka di tahun 2019 menjabat sebagai Executive Vice President Aston Martin dan Chief Executive Officer Brough Superior.

Menukil cerita sejarah yang diterbitkan koran The Motorcycle, Brough Superior adalah salah satu model motor buatan Brough Motorcycles, yakni pabrikan motor yang didirikan oleh William E. Brough di Nottingham, Inggris, pada tahun 1908. Brough Superior dibuat oleh George Brough – yang merupakan anak dari William, dan juga seorang pembalap – di Haydn Road di Nottingham , Inggris, dari tahun 1919 hingga 1940.

Motor SS100 Brough Superior yang telah dirancang ulang dengan teknologi kekinian dan menjadi dasar dari AMB100- dok.Petrolicious

George meninggal karena kecelakaan saat balapan. Singkat cerita, pada tahun 2008, seorang penggemar sepeda motor tua asal Prancis, Mark Upham, memperoleh hak atas merek Brough Superior. Pada 2013 dia bertemu dengan Thierry Henriette yang tak lain adalah seorang desainer sepeda motor kondang.

Upham kemudian memintanya merancang sepeda motor Brough Superior baru. Tiga bulan kemudian prototipe SS100 baru dihasilkan dan diperkemalkan di EICMA 2019, di Milan. Italia. Prototipe irulah yang menjadi dasar dari AMB001 tersebut (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This