Penjualan ke Diler Januari-Mei, Rush Terbanyak dan DFSK Glory 560 Terlemot

Penjualan ke Diler Januari-Mei, Rush Terbanyak dan DFSK Glory 560 Terlemot
DFSK Glory 560 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga mei penjualan Low SUV ke diler (wholesales) tercatat hanya sebanyak 29.874 unit, karena di bulan April dan Mei pengiriman ke diler anjlok, dan bahkan beberapa merek tak mengirimkan unit ke diler. Low SUV Toyota Rush tercatat sebagai model yang paling banyak dikirim ke diler, kendati di dua bulan terakhir di rentang waktu itu sejumlah daerah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama lima bulan pertama itu Toyota Rush membukukan wholesales sebanyak 12.429 unit. Penjualan tersebut terjadi pada Januari sebanyak 4.499 unit, Februari 3.296 unit, Maret 4.302 unit, April 203 unit, dan Mei sebanyak 114 unit.

Dengan jumlah sebanyak itu, Toyota Rush tercatat sebagai Low SUV dengan wholesales terbanyak. Sedangkan pada waktu yang sama, wholesales kembaran Rush, yakni Daihatsu Terios tercatat sebanyak 6.109 unit atau hampir setengah dari total penjualan Rush.

Ilustrasi, Toyota All New Rush untuk pasar ekspor – dok.Motoris

Terios masih berada di urutan kedua terbanyak. Meski, di sepanjang Mei tidak ada wholesales yang dibukukan. “Daihatsu mengikuti arahan pemerintah dengan membatasi operasionalnya (terkait dengan pencegahan paparan wabah virus crona), sehingga produksi atau pencapaian wholesales di bulan Mei 2020, 0 unit,” bunyi keterangan resmi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), pada 10 Juni lalu.

Posisi ketiga ditempati Mitsubishi Xpander Cross yang membukukan wholesales 5.613 unit. Dia disusul Suzuki XL7 yang membukukan penjualan sebanyak 4.448 unit.

Honda BR-V bercokol di urutan kelima dengan total wholesales sebanyak 1.095 unit. Seperti halnya Rush, Terios, Xpander Cross, dan XL7, wholesales Honda BR-V juga ambrol. Pada April terkirim ke diler hanya 62 unit dan bahkan di Mei nihil alias zonder penjualan.

Ilustrasi, Honda BR-V versi facelift di Indonesia- dok.Motoris

Sedangkan Low SUV Dongfeng Sokon (DFSK), yakni Glory 560 di kurun lima bulan pertama itu hanya membukukan wholesales sebanyak 180 unit alias paling lemot. Rinciannya, Januari sebanyak 73 unit, Februari 66 unit, Maret 36 unit, April 4 unit, dan Mei 1 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS