Di India Versi Baru Meluncur 15 Juli, Segini Penjualan Honda City di RI

Di India Versi Baru Meluncur 15 Juli, Segini Penjualan Honda City di RI
Honda City generasi kelima - dok.Gaadiwaadi

Jakarta, Motoris – Setelah menundanya karena wabah virus corona (Covid-19), Honda Motor di India akan meluncurkan versi anyar sedan Honda City pada 15 Juli nanti. Bahkan, sejak Mei lalu, Honda di Negeri Sari itu sudah menerima pemesanan.

Seperti dilaporkan laman India Today dan Autocar India, Sabtu (4/6/2020), versi terbaru tersebut menggunakan platform baru sehingga bobotnya lebih ringan. Versi paling gres itu juga mengusung mesin baru 1,5 liter twin-cam yang telah memenuhi standar emisi BS 6.

Semburan tenaga yang dihasilkan mesin disebut mencapai 121 hp dengan torsi 145 Nm. Penyaluran tenaga varian ini ke roda menggunakan transmisi manual 6 tingkat percepatan atau transmisi otomatis CVT 7 tingkat percepatan dan dilengkapi paddleshift.

Selain itu ada varian bermesin diesel 1.5 liter dengan tenaga 100 hp dengan torsi 200 Nm. Semburan tenaga disalurkan ke roda menggunakan transmisi manual 6 tingkat percepatan.

Hasil pengujian ARAI, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) varian bermesin bensin dengan transmisi manual mencapai 17,8 kilometer per liter. Sedangkan yang bertransmisi otomatis mencapai 18,4 kilometer per liter.

Honda City versi terbaru yang meluncur di Thailand pada November 2019 lalu – dok.Honda Thailand

Adapun untuk varian bermesin diesel, konsumsi BBM-nya diketahui mencapai 24,1 kilometer per liter. Sekali lagi yang perlu dicatat, varian ini hanya ditawarkan dalam versi transmisi manual.

Generasi kelima Honda City ini memiliki dimensi panjang 4.549 milimeter (mm), lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.489 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 2.600 mm.

Di Indonesia
Sejatinya, di kawasan Asia Tenggara, Honda City versi terbaru telah diluncurkan di Thailand pada 25 November tahun 2019 lalu. Sedan ini menjadi produk global yang dijajakan Honda ke berbagai negara, dan kemungkinan besar Indonesia.

Hanya, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy di Jakarta, Minggu (24/11/2019) menyatakan hingga akhir tahun 2020, masih belum ada rencana untuk membawa generasi anyar sedan tersebut ke Tanah Air. “Kita akan lihat dulu kondisi pasar dan kebutuhan konsumen akan sedan seperti apa. Kita akan lihat dahulu bagaimana permintaan pasar,” ucap dia.

Honda City versi paling baru – dok.Zigwheels

Sementara, data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang Januari hingga Mei, penjualan sedan Honda City ke diler (wholesales) tercatat hanya sebanyak 73 unit. Jumlah ini berasal dari penjualan yang dibukukan pada Januari sebanyak 25 unit, Februari 29 unit, Naret 14 unit, April 5 unit, dan Mei nihil.

Penjualan ke diler itu masih tertinggal dibanding pesaingnya Toyota Vios yang terjual sebanyak 111 unit. Angka ini berasal dari Januari 17 unit, Februari 27 unit, Maret 45 unit, April 16 unit, dan Mei 6 unit.

Sekadar catatan, data Gaikindo juga menunjukkan, sepanjang Januari – Mei, wholesales seluruh  varian mobil Honda di Indonesia sebanyak 37.502 unit, dengan pangsa pasar 15.1%. Sedangkan penjualannya ke konsumen atau ritel, sebanyak 38.324 unit dengan pangsa pasar 14,7%. (Fer/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS