Lebih Cepat dari Angin, Akselerasi 0-100 Km/Jam Nissan Leaf 7,9 Detik

Lebih Cepat dari Angin, Akselerasi 0-100 Km/Jam Nissan Leaf 7,9 Detik
Mobil listrik besutan Nissan Motor Company, Nissan LEAF saat di tesa jalan di Indonesia - dok.Motoris

Bangkok, Motoris –Hingga kini persepsi terhadap mobil listrik yang masih berkembang di masyarakat adalah, kemampuannya melesat yang tak secepat atau sedahsyat mobil konvensional. Namun, Nissan Motor Company mencoba membuktikan bahwa persepsi itu tak selamanya benar.

Nissan Motor di Thailand bahkan melakukan tes kemampuan akselerasi mobil listrik besutannya – Nissan Leaf –  dari posisi diam ke kecpatan 100 kilometer per jam, dan membandingkannya dengan kecepatan dua elemen alam yaitu angin dan api. Hasilnya, ternyata Nissan Leaf mampu menyelesaikannya dalam waktu 7,9 detik alias lebih cepat ketimbang dua elemen itu.

Pernyataan pabrikan yang dilansir laman resmi Nissan, Sabtu (4/6/2020) lalu menyebut tes itu dilakukan di area tertutup di Pantai Samroiyod, di Probinsi Prachuap Khiri Khan, Thailand, dengan lintasan sejauh 1 kolometer. Tes menggunakan garis api Pyrotechnician serta juara kite surfer, untuk melihat siapa yang paling cepat mencapai garis akhir.

Ilustrasi, pengecaan baterai motor lstrik Nissan Leaf- dok. Autocar.co.uk

“Tanpa ragu, mobil listrik  merupakan mobil yang paling ramah lingkungan di masa depan. Dengan tantangan ini, kami ingin menunjukkan secara nyata bahwa Nissan Leaf is Simply Amazing, bukan sekadar mobil ini nir emisi, tetapi juga sebagai mobil yang hebat dengan akselerasi dan dinamika berkendara yang menakjubkan, bahkan mampu menghadapi beragam tantangan,” tutur Vice President Marketing, Nissan Asia & Oceania, Nirmal Nair.

Pabrikan asal Yokohama Jepang itu menjelaskan, kunci kemampuan akselerasi Nissan Leaf yang kuat terletak pada e-Powertrain. Sumber tenaga dari setrum itu mampu menghidupkan kendaraan tanpa memerlukan mesin pembakaran internal.

Daya yang disemburkan secara langsung mampu menggerakkan roda untuk akselerasi secara instan dan cepat. Sistem kerja itulah yang mempercepat laju kendaraan listrik itu dengan pengemudian yang halus dan sangat responsif.

Ilustrasi, sedan listrik Nissan Leaf dihadirkan ke GIIAS 2019 oleh Nissan Indonesia – dok.Motoris

Nissan Leaf merupakan mobil listrik andalan Nissan Motor. Hingga kini, mobil tersebut diklaim telah terjual 470.000 unit lebih di berbagai belahan dunia. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This