Meluncur 16 Juli, Nissan Magnite Panaskan Persaingan SUV Segmen B

Meluncur 16 Juli, Nissan Magnite Panaskan Persaingan SUV Segmen B
Teaser tampilan depan Nissan Magnite - dok.Rushlane

Jakarta, Motoris – Setelah dua pabrikan di bawah payung Grup Toyota yakni Toyota Motor Corporation dan Daihatsu Motor Corporation menggelontorkan SUV kembar di segmen B ( dengan dimensi panjang 4 meter atau kurang) yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, kini giliran Nissan Motor Company bersiap meluncurkan SUV sekelas, Magnite pada 16 Juli nanti. Api yang bakal membuat panasnya persaingan pun tersulut.

Seperti dilaporkan laman Autocar India, Rushlane, dan Motor1, Senin (6/7/2020), Magnite yang merupakan SUV kompak itu merupakan produk yang disiapkan Nissan untuk menggempur pasar global. Meski diduga negara-negara berkembang menjadi sasaran utama.

Setidaknya itu terlihat dari tagline yang diusung Nissan Motor di India dalam produksi Magnite ini, yaitu “Make in India, Make for the World,”. Nissan disebut bakal menyuguhkannya dalam dua pilihan mesin sebagai cara untuk memperluas bidikan pasar di SUV segmen B, yakni mesin tiga silinder 1.0 liter naturally aspirated bertenaga 72 hp dan tiga silinder 1.0 liter turbocharger bertenaga 95 hp.

Hanya, soal harga hingga kini masih belum diinformasikan secara resmi. Tetapi, sebagai model yang diperuntukkan bagi segmen B, SUV dengan panjang kurang dari 4 meter itu, diyakini bakal terjangkau.

Gambar teaser lampu depan Nissan Magnite – dok.Nissan Global

Tetapi, yang pasti, kehadirannya tak semata-mata menjadi amunisi baru bagi Nissan untuk ikut mencuil pangsa pasar SUV global yang terus bertumbuh. Seperti dilaporkan Market Watch, sepanjang tahun 2019 lalu, pasar SUV global tumbuh hingga 19%, dengan pangsa pasar yang terus naik di berbagai belahan dunia.

Namun, kehadiran Nissan Magnite juga “Memanaskan” persaingan. Tak hanya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang sama-sama bermesin 1.0 liter turbocharger saja yang bakal dihadapi, tetapi juga merek-merek lain.

Honda misalnya, kini juga santer disebut tengah menyiapkan model sejenis dan sekelas dengan nama Honda ZR-V. Lokasi produksinya, juga sama dengan Nissan Magnite yakni di India. Tujuannya pun setali tiga uang, yakni sebagai model global.

Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris

Sejumlah media lokal Negeri Sari itu bahkan mengaku telah mendapatkan bocoran dokumen pengembangan model tersebut. Dokumen ini menyatakan, Honda ZR-V adalah SUV yang bakal diposisikan di bawah Honda BR-V.

Sasaran bidikan pemasaran adalah generasi milenials alias orang-orang muda. Hal itu tercermin dari nama “Z” yang berarti generasi Z alias generasi milenial, dan RV sebagai label nomenklatur jajaran SUV dan crossover di keluarga Honda.

Namun, Magnite tak hanya berhadapan dengan tiga model itu saja jika kelak semua telah bertarung di pasar, tetapi juga dengan model sejenis dan sekelas dari merek lain yang telah ada di pasar.

Ilustrasi, Suzuki Vitara Brezza 2020 di India – dok.Autocar India

Model-model itu antara lain Hyundai Venue, Kia Sonet, serta Maruti Vitara Brezza. Artinya, kehadiran Nissan Magnite semakin mengobarkan panasnya api persaingan di pasar SUV segmen B. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS