Skutik Anyar Yamaha Cygnus X 125, Dilepas 21 Juli

Skutik Anyar Yamaha Cygnus X 125, Dilepas 21 Juli
Sebuah skutik anyar dengan balutan kamuflase yang diduga kuat Yamaha Cygnus X 125 kedapatan tengah diuji jalan di Taiwan beberapa waktu lalu - dok.Istimewa via Motoroctane

Taipei, Motoris – Yamaha Motor di Taiwan dikabarkan bakal meluncurkan skutik versi anyar Yamaha Cygnus 125 X pada 21 Juli nanti. Bahkan, sejumlah foto yang menunjukkan skutik yang disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Yamaha Aerox itu telah dites melaju di jalanan sebuah kota di Taiwan, pada pertengahan Maret lalu.

Seperti dilaporkan laman Drivespark dan Emoo, Rabu (8/7/2020), pabrikan berlambang garputala di Taiwan itu bahkan sudah menyebar gambar penggoda alias teaser di akun Youtube resminya dengan mengusung tagline “New Genesis”, sejak beberapa hari lalu.

Gambar-gambar siluet disajikan dalam tayangan sekilas di akun media sosial tersebut. Terlihat, Cygnus X-125 dilengkapi lampu LED baik pada bagian depan maupun belakang.

Gaya desain lampu belakang itu cukup menarik. Pasalnya, Yamaha menyematkan dua lampu LED yang dipisah yakni menempatkannya di dua sisi secara simetris di bagian kanan dan kiri. Sekilas gaya desain lampu itu memiliki kemiripan dengan gaya desain lampu Yamaha XMAX.

Teaser peluncuran Yamaha Cygnus X125 di akun Youtube Yamaha Motor Taiwan – dok.Istimewa

Soal mesin yang diusungnya masih belum ada informasi apapun. Meski begitu, sejumlah prediksi menyeruak di berbagai lini dunia maya, yang salah satunya menyebut mesin 125cc, silinder tunggal, berpendingin cairan, yang menyemburkan tenaga hingga 12 hp merupakan mesin yang digunakan Cygnus X 125 itu.

Tetapi, ini baru dugaan yang dari sejumlah media lokal di Taiwan maupun di luar negeri itu. Prediksi ini mengaku pada mesin yang disandang oleh model skutik 125cc yang menjadi portofolio model Yamaha Taiwan, maupun jajaran skutik 125cc yang disajikan Yamaha di pasar global.

Perkiraan lainnya menyebut mesin yang bakal digendong adalah mesin 124 cc silinder tunggal, berpendingin udara. Semburan tenaga yang dihasilkan diramal mencapai 9,8 hp dengan torsi 9,9 Nm.

Yamaha Cygnus X 125 kedapatan tengah dites di jalanan Taiwan – dok.Istimewa via Motoroctane

Tetapi yang tak kalah menarik adalah, indikasi yang telah terlihat cukup nyata adalah tampilan instrumen cluster yang berteknologi digital. Sejumlah informasi penting ihwal kondisi motor tersaji di sini, mulai dari konsumsi bahan bakar, kecepatan, jarak yang telah ditemouh, hingga posisi cairan pelumas alias oli.

Lantas, akankah skutik anyar ini menjadi model global yang juga bakal merambah Indonesia?  Yang pasti, beberapa foto yang ditayangkan laman Motor Octane, 18 Maret lalu menunjukkan, motor ini memiliki gaya desain yang cukup menarik.(Fan/Ara)

Gambar teaser tampilan belakang Yamaha Cygnus X 125 yang dikabarkan bakal meluncur 21 Juli nanti di akun Youtube Yamaha Motor Taiwan – dok.Istimewa

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS