Pasar Mobkas Menggeliat, Harga di Bawah Rp 100 Juta Banyak Diminati

Pasar Mobkas Menggeliat, Harga di Bawah Rp 100 Juta Banyak Diminati
Ilustrasi mobil bekas yang dijual - dok.Kompas.com

Jakarta, Motoris – Pelonggaran Pembatasan Sosial Berksala Besar (PSBB) menuju new normal di wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) sehingga kegiatan masyarakat berangsur menuju normal, juga mulai berdampak ke pasar mobil bekas (Mobkas). Permintaan mobil seken mulai meningkat, meski harga masih belum setinggi sebelum wabah virus corona yang juga mendera Indonesia terjadi.

“Sekarang sudah mulai berangsur pulih, meskipun belum setinggi waktu sebelum wabah (virus) corona, seperti Januari – Februari lalu. Tapi, kalau kita lihat data sapai hari Minggu kemarin (5/7/2020) kenaikan permintaan di bursa mobil kita (WTC Mangga Dua, Jakarta) sudah 40%. Ini naik cukup drastis, karena di akhir Mei baru 10-15%,” papar Senior Manager Bursa Mobil Mangga Dua Jakarta, Heryanto Kosasih, saat dihuungi di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Menurut dia, tingginya permintaan tersebut tak hanya dari masyarakat individu di wilayah Jabodetabek saja, tetapi juga datang dari para pedagang mobil dari daerah. Mereka berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah plus Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Jawa Timur, yang akan kembali menjualnya di daerah masing-masing.

“Sekarang, selagi harga belum kembali tinggi, pedagang-pedagang maupun pembeli perorangan untuk digunakan sendiri mulai belanja. Karena dari berbagai riset oleh lembaga penelitian maupun yang dilakukan oleh marketplace menyebut 50% lebih masyarakat ingin beli mobil untuk sarana transportasi pribadi di masa new normal, dan 54% lebih menginginkan mobil bekas,” papar pria yang akrab disapa dengan Hery itu.

Ilustrasi, Toyota Agya terbaru, bekasnya saat ini banyak diminati caln pembeli mobil bekas di Jakarta,- dok.Istimewa

Khusus di wilayah Jabodetabek – terutama yang sehari-hari beraktifitas ke wilayah DKI Jakarta – ada dua alasan yang mendorong mereka untuk membei mobkas. Pertama, alasan preventif terhadap kemungkinan paparan virus corona, yang hingga kini belum bisa dipastikan keberadaannya benar-benar hilang dari Indonesia.

Kedua, untuk alasan menyiasati peraturan pengendalian lalu-lintas melalui ketentuan pelat nomor ganjil-genap. “Dan tentunya, di saat orang menggunakan kendaraan pribadi juga menghadapi ketentuan ganil-genap itu, sehingga perlu alternatif mobil lainnya,” ujar Hery.

Soal mobil yang banyak diminati pembeli adalah mobil bekas jenis Low MPV dan LCGC. Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio masih menjadi buruan calon konsumen.

New Astra Daihatsu Sigra. Versi lamanya atau mobil bekas LCGC ini juga banyak diminati pembeli khususnya di kawasan Jabodetabek – dok.ADM

“Terbanyak kedua, dari laporan teman-teman pedagang, itu mobil kelas LCGC seperti Toyota Agya, Daihatsu Aula, Honda Brio Satya juga juga banyak diburu. Dan menariknya bukan yang baru-baru, tetapi yang sudah tiga atau malah empat – lima tahun. Umumnya di kisaran harga di bawah Rp 150 dan di bawah Rp 100 juta yang paling banyak diminati,” terang Hery.

Senior Manager Marketing Bursa Mobil WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih memperkirakan dicarinya mobil itu tidak lepas dari kebutuhan masyarakat untuk mobilitas dalam kembali bekerja.

“Data di hari minggu kemarin, itu gerakannya udah mulai membaik, yang dulu awal-awalnya cuma 10%, sekarang 40% (kenaikan) ini. Kebanyakan didominasi mobil kaya Agya, Sigra, Expander, Innova itu yang dicari orang. Harga 150 juta ke bawah sih. Tapi lebih kenceng lagi harga Rp 100 juta ke bawah lah,” ungkapnya.

Ilustrasi, mobil bekas Honda Brio Satya juga banyak diburu pembeli baik pedagang maupun pembeli individu yang akan menggunakannya sebagai kendaraan sehari-hari – dok.Motoris

Data yang disebut Hery menunjukkan, di WTC Mangga Dua Toyota Agya tahun 2013 dibanderol Rp 80 – 83 juta. Daihatsu Ayla tahun 2016 dihargai Rp 85 – 97 juta  Kemudian Toyota Calya G tahun 2017 dibanderol Rp 91 – 93 juta. Sedangkan Daihatsu Calya tahun yang sama dihargai Rp 90 – 9 2 juta. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS