Meluncur di ASEAN, Toyota Corolla Cross Bisa Tikam Honda HR-V Cs

Meluncur di ASEAN, Toyota Corolla Cross Bisa Tikam Honda HR-V Cs
Toyota Corolla Cross - dok.Toyota Global

Bangkok, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota) akhirnya meluncurkan Toyota Corolla Cross yang merupakan model anyar mereka untuk merangsek pasar global dalam varian bermesin konvensional dan hybrid. Model anyar ini dibanderol mulai 989.000 baht – 1.199.000 baht atau sekitar Rp 457 juta – Rp 554 juta (dengan kurs moderat hari ini 1 baht = Rp 462,1).

Seperti dilansir laman resmi Toyota Global, Kamis (9/7/2020), Chief Engineer Toyota Corolla Cross Daizo Kameyama, mengatakan mobil ini menggunakan platform TNGA-C. Sehingga, kata dia, selain menyuguhkan kenyamanan dengan kabin yang leluasa, juga kuat selayaknya SUV sejati.

Varian konvensional mengusung mesin 2ZR-FBE 1.8 liter seperti yang digunakan Toyota Corolla Altis dan Toyota C-HR yang menyemburkan tenaga hingga 140 PS dengan torsi 177 Nm. Sedangkan varian hybrid mengusung mesin konvensional 2ZR-FXE 1.8 liter yang dipadu dengan motor listrik, yang masing-masing menghasilkan tenaga 98 PS dengan torsi 142 Nm dan 72 PS dengan torsi 163 Nm.

“Toyota Corolla Cross, saat ini juga telah menjadi bagian dari keluarga Corolla. Kami mengharapkannya dia mendapat sambutan yang hangat dari konsumen kami, karena sebagai bagian dari keluargabaru kami,” kata dia.

Interior Toyota Corolla Cross- dok.Toyota Global

President of Toyota Motor Thailand Company Limited Michinobu Sugata mengatakan Corolla Cross merupakan model anyar di kategori baru pula, yang selama ini belum ada di jajaran produk Toyota.“Sehingga, Thailand menjadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan All-New Corolla Cross,” kata dia dalam keterangan resmi Toyota Thailand, Kamis (9/7/2020).

Toyota menyatakan, produk ini merupakan produk global yang bakal dijajakan ke berbagai negara, khususnya negara-negara berkembang. Sehingga, kemungkinan besar juga akan dipasarkan di Indonesia.

Namun, yang pasti, keberadaan Toyota Corolla Cross ini bukan saja memperkaya portofolio produk di jajaran model yang menjadi amunisi menggarap pasar dunia, tetapi juga menebar ancaman serius baru kepada para pesaing. Honda HR-V misalnya, meski berbanderol di bawahnya atau lebih murah – berdasar data di situs sejumlah diler Honda di Jakarta, per Kamis (9/7/2020) harganya Rp 301,6 juta hingga Rp 420,8 juta on the road Jakarta – namun bisa “tertikam” oleh model anyar Toyota ini.

Honda HR-V yang dijual di Indonesia – dok.PT Honda Prospect Motor

Artinya, Honda HR-V, Mazda CX-30, Nissan Kicks, dan lainnya wajib waspada. Terlebih dengan pusat produksinya yang berada di Thailand, Indonesia dan negara-negara di wilayah regional Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bisa memanfaatkan fasilitas bea masuk dalam kerangka kerjasama perdagangan bebas ASEAN (AFTA), hingga 5-0%, maka harga akan lebih bersaing.

Terlebih, kesohoran dan keunggulan Toyota Corolla di dunia selama ini masih memiliki daya magis yang mampu memikat para penggemarnya di berbagai penjuru planet bumi. Toyota Corolla juga tercatat masih sebagai mobil terlaris di dunia hingga tahun 2019 lalu.

Riset yang dilakukan Focus2Move dan Marklines mencatat, di sepanjang tahun itu Corolla terjual 1.236.380 unit dan menempati urutan pertama  di daftar mobil terlaris sejagat. Dia mengungguli pikap Ford F-Series yang laku 1.070.234 unit dan saudaranya, Toyota RAV4 yang terlego 931.852 unit.

Tampilan belakang Toyota Corolla Cross – dok.Toyota Global

Bahkan, jika ditotal sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1966, model-model Corolla hingga tahun 2019 lalu mencatatkan penjualan sebanyak 48 juta unit. Dengan demikian, masih tercatat sebagai model mobil terlaris di dunia sepanjang sejarah.

Kini, lahir anggota keluarga baru bernama Corolla Cross yang disuguhkan dalam dua varian, yakni varian bermesin konvensional dan varian berteknologi hybrid. Varian konvesional itu adalah  Corolla Cross 1.8 Sport yang dibanderol 989.000 baht atau sekitar Rp 457 juta (kurs moderat hari ini, 1 baht = Rp 462,1). Varian ini hanya disajikan dalam satu tipe.

Sementara varian hybrid ditawarkan dalam tiga tipe. Pertama, Corolla Cross Hybrid Smart dihargai 1.019.000 baht atau sekitar Rp 470 juta, Kedua, Corolla Cross Hybrid Premium berbanderol 1.089.000 baht atau sekitar Rp 503 juta. Dan ketiga, tipe Corolla Cross Hybrid Premium Safety berharga 1.199.000 baht atau sekitar Rp 554 juta. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This