Penjualan Juni Disalip Rush, Avanza Masih Terlaris di Semester Pertama

Penjualan Juni Disalip Rush, Avanza Masih Terlaris di Semester Pertama
Toyota Avanza - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari hingga Juni penjualan mobil Toyota ke konsumen (ritel) di Indonesia tercatat sebanyak 92.965 unit, dan penjualan ke diler (wholesales) sebanyak 81.816 unit. Selama enam bulan pertama ini, Low MPV Toyota Avanza masih menjadi mobil terlaris dalam penjualan ritel.

“Selama Januari sampai Juni kemarin mobil seven seater masih menjadi volume maker, seperti Avanza, Rush, Innova, dan Calya. Dan paling banyak memberi kontribusi, itu (Toyota) Avanza, dengan total (ritel) 21.440 unit,” ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi, di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Meski, kata dia, di bulan Juni penjualan ritel Avanza sempat tertinggal oleh Low SUV Toyota Rush. Pada bulan keenam itu, Rush terjual sebanyak 2.274 unit dan menjadi pemuncak di daftar penjualan ritel bulanan (dan kumulatif dari Januari – Juni, penjualan Rush tercatat sebanyak 17.595 unit).

Sementara, Toyota Avanza di bulan Juni itu hanya membukukan penjualan sebanyak 2.248 unit dan berada di posisi kedua. Namun, kata Anton, ini bukan berarti konsumen kini telah meninggalkan Avanza dan berganti ke Rush, karena minat masyarakat terhadap Low MPV itu masih tinggi.

Toyota All New Rush untuk pasar ekspor – dok.Motoris

“Soal Rush (yang lebih laris di Juni), kami melihat faktor pembeli mobil additional (orang yang menambah jumlah mobil) dan replacement (orang yang berganti) yang komposisinya lebih besar dibanding first buyer (orang yang baru pertama beli mobil). Di luar itu, tentu Rush sebagai SUV seven seater  memang cukup baik performanya sejak launch (diluncurkan) model change (model versi baru),” papar Anton.

Data dari TAM menunjukkan, selama Juni penjualan ritel Toyota mencapai 11.196 unit, atau melejit hingga 66% dibanding bulan sebelumnya. Adapun wholesales-nya sebanyak 3.705 unit tau meroket 400% dibanding selama Mei yang sebanyak 695 unit.

Total ritel selama enam bulan pertama atau selama semester pertama yang sebanyak 92.965 unit itu berasal dari penjualan Januari sebanyak 24.928 unit, Februari 23.884 unit, dan Maret 17.787 unit. Selain itu dari penjualan April yang sebanyak 8.443 unit, Mei 6.727 unit, serta Juni 11.967 unit.

Toyota New Calya – dok.Motoris

Adapun penjualan ritel selama bulan Juni yang sebanyak 11.196 unit merupakan total dari penjualan Toyota Rush yang sebanyak 2.274 unit, Avanza 2.248 unit, Calya 1.696 unit, Kijang Innova 1.606 unit, dan Agya 984 unit. Sisanya dibukukan oleh model-model Toyota lainnya. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This