Semester Pertama, Yaris Jadi Mobil Toyota Terlaris di Eropa

Semester Pertama, Yaris Jadi Mobil Toyota Terlaris di Eropa
Toyota Yaris yang dijual di pasar Eropa - dok.Top Speed

Brussels, Motoris – Sepanjang enam bulan pertama tahun ini atau selama Januari hingga Juni, Toyota Motor Eropa (TME) membukukan penjualan sebanyak 395.267 unit, meski di saat yang sama total penjualan seluruh merek di benua itu ambles 36%. Penjualan Toyota terbanyak dibukukan oleh Yaris, Corolla (sedan, hatchback, dan sport touring), dan Toyota RAV.

Namun, data yang dikompilasi TME yang dilaporkan Economic Times, Sabtu (11/7/2020) menunjukkan, bahwa Yaris merupakan model terlaris. Hatchback Toyota itu membukukan penjualan sebanyak 80.000 unit lebih dalam tempo enam bulan.

TME mencatat, total penjualan Yaris ditambah penjualan Corolla dan Toyota RAV4, setara dengan setengah lebih dari total penjualan Toyota (termasuk Lexus) selama semester pertama itu. Sementara, dari total penjualan seluruh model tersebut 50%-nya merupakan kendaraan ramah lingkungan berteknologi listrik, hybrid.

Penjualan mobil Toyota varian hybrid di kurun waktu enam bulan itu naik 51% dibanding periode sama tahun 2019. Bahkan, di wilayah Eropa Barat kenaikan penjualan mencapai 63%.

Toyota Yaris versi terbaru di depan pintu masuk sebelah utara Tokyo Big Sight tempat dilangsungkannya hajatan Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris

“Dalam keadaan unik (karena pasar otomotif dunia tengah lesu karena diterjang pandemi virus corona tetapi penjualan Toyota justeru naik) ini, Toyota dan Lexus telah berkinerja baik. Kami mulai memulihkan momentum. Ke depan kami berharap untuk mencapai setidaknya 950.000 penjualan pada tahun 2020,” kata Executive Vice President TME, Matthew Harrison.

Dengan penjualan yang didorong Yaris tersebut, pangsa pasar Toyota di benua tersebut naik 0,05 menjadi 6,1% selama enam bulan pertama tahun ini. (Ril/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS