Toyota Corolla Cross Meluncur di RI Awal Agustus

Toyota Corolla Cross Meluncur di RI Awal Agustus
Toyota Corolla Cross - dok.Toyota Global

Jakarta, Motoris – Setelah meluncurkannya secara global (world premiere) di Bangkok Thailand, pada Kamis (9/7/2020) lalu, kini Toyota Motor Corporation menjadikan Indonesia sebagai sasaran kedua penjualan Toyota Corolla Cross. PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan crossover anyar itu pada awal Agustus nanti.

“Tanggalnya saya enggak bisa sebutkan karena informasi yang saya terima belum benar-benar final. Tetapi, yang pasti, di minggu pertama bulan Agustus. Peluncuran akan dilakukan secara virtual,” ujar sumber Motoris yang mengetahui jadwal peluncuran mobil itu, saat dihubungi, di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Dia menyebut banderol Corolla Cross di Indonesia tetap akan bersaing. Pasalnya, fitur-fiturnya tidak akan banyak bereda dengan yang dijual di pasar dunia, terutama yang di Thailand.

Selain itu, ada kemungkinan Toyota memanfaatkan fasilitas pengecualian tarif impor bea masuk di skema kerjasama perdagangan beas regioal ASEAN (AFTA). Dengan fasilitas itu maka tarif besa masuk barang bisa 5-0%.

Interior Toyota Corolla Cross- dok.Toyota Global

Terutama fitur penunjang keamanan, masih tetap sama. “Sedangkan fitur penunjang kenayaman bisa saja ada penyesuaian dengan kondisi dan kebutuhan di kita (Indonesia, tapi itu sepertinya tidak banyak,” kata dia.

Sebelumnya, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM). Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi Motoris di Jakarta, Kamis (9/7/2020) juga memastikan rencana kehadiran Toyota Corolla Cross di Tanah Air. “Iya, Corolla Cross akan launch (diluncurkan) di Indonesia. Tunggu saja tanggal mainnya,” ujar Anton.

Meski tak bersedia menyebutkan secara pasti jadwal peluncuran tersebut, dan hanya mengisyaratkan tak akan lama lagi. “Untuk detail-nya nanti saja,” ucap Anton.

Tampilan belakang Toyota Corolla Cross – dok.Toyota Global

Toyota Motor menyuguhkan crossover paling gres tersebut dalam dua varian, yakni bermesin konvensional dan hybrid. Mereka dibanderol mulai 989.000 baht – 1.199.000 baht atau sekitar Rp 457 juta – Rp 554 juta (dengan kurs moderat hari ini 1 baht = Rp 462,1).

Varian konvensional mengusung mesin 2ZR-FBE 1.8 liter seperti yang digunakan Toyota Corolla Altis dan Toyota C-HR yang menyemburkan tenaga hingga 140 PS dengan torsi 177 Nm. Sedangkan varian hybrid mengusung mesin konvensional 2ZR-FXE 1.8 liter yang dipadu dengan motor listrik, yang masing-nasing menghasilkan tenaga 98 PS dengan torsi 142 Nm dan 72 PS dengan torsi 163 Nm. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS