Meluncur 6 Agustus, Berapa Harga Corolla Cross di RI?

Meluncur 6 Agustus, Berapa Harga Corolla Cross di RI?
Toyota Corolla Cross - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Seperti beritakan sebelumnya – 27 Juli dan 28 Juli kemarin – crossover anyar Toyota, yakni Corolla Cross bakal meluncur di awal Agustus, akhirnya terkonfirmasi. PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan mobil yang pertama kali diluncurkan secara global di Bangko, Thailand, 9 Juli lalu itu bakal meluncur di Indonesia, 6 Agustus nanti.

Melalui undangan peluncuran yang dikirim ke media, PT TAM menyebut peluncuran bertajuk “Corolla Cross : Two Sides of the Finest” itu, dilakukan melalui channel Youtube Toyota Indonesia pada pukul 11.00 – 11.45 WIB. Pertanyaan yang muncul saat ini adalah, bagaimana dengan harga?

Seperti diketahui, saat diluncurkan di Thailand, Corolla Cross disuguhkan dalam dua varian yakni bermesin konvensional dan hybrid. Mereka dibanderol mulai 989.000 baht – 1.199.000 baht atau sekitar Rp 457 juta – Rp 554 juta (dengan kurs moderat saat itu 1 baht = Rp 462,1).

Tampilan belakang Toyota Corolla Cross – dok.Toyota Global

Sumber Motoris mengatakan, banderol Corolla Cross kemungkinan besar tak akan teraput jauh dengan yang ada di Thailand. Meski, dengan fitur yang juga tak jauh berbeda untuk pasar global.

“Karena pengiriman barang dari maupun ke sesama anggota ASEAN sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, yaitu AFTA (Asean Free Trade Area) tarif bea masuk bisa dipangkas menjadi 5-0%. Apalagi, neraca ekspor-impor antara Indonesia dan Thailand juga cukup aktif, sehingga skema tarif bisa dimanfaatkan. Tetapi itu sifatnya opsi saja, semua juga tergantung Toyota,” ujar dia saat dihubungi di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Dia menilai Corolla Cross bakal memiliki niche market (ceruk pasar yang pasti atau lebih spesifik) yaitu para loyalis merek Corolla yang jumlahnya juga tak sedikit. “Setahu saya penggemar Corolla di Indonesia cukup bayak. Bagi mereka yang loyal ke Corolla, tentu kehadiran Corolla Cross merupakan kesenangan baru. Sebuah kabar baru yang ditunggu-tunggu,” papar dia.

Interior Toyota Corolla Cross- dok.Toyota Global

Menurut dia, Corolla merupakan mobil terlaris di dunia hingga kini. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1966 – total model-model Corolla – yang terjual hingga tahun 2019 lalu mencatatkan penjualan sebanyak 48 juta unit.

Sementara, riset yang dilakukan Focus2Move dan Marklines mencatat, di sepanjang tahun itu Corolla terjual 1.236.380 unit dan menempati urutan pertama di daftar mobil terlaris sejagat. Dia mengungguli pikap Ford F-Series yang laku 1.070.234 unit dan saudaranya, Toyota RAV4 yang terlego 931.852 unit.

Sekadar informasi, Corolla Cross varian konvensional mengusung mesin 2ZR-FBE 1.8 liter seperti yang digunakan Toyota Corolla Altis dan Toyota C-HR. Mesin itu menyemburkan tenaga hingga 140 PS dengan torsi 177 Nm.

Toyota Corolla Cross – dok.Toyota

Sedangkan varian hybrid mengusung mesin konvensional 2ZR-FXE 1.8 liter yang dipadu dengan motor listrik. Masing-masing sumber daya itu menghasilkan tenaga 98 PS dengan torsi 142 Nm dan 72 PS dengan torsi 163 Nm.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, yang dihubungi Motoris beberapa waktu sebelumnya telah memastikan akan hadirnya Corolla Cross di Tanah Air, namun dia masih belum bersedia menyebutkan kisaran harga. Termasuk kemungkinan pemanfaatan fasilitas bea masuk dalam kerangka perjanjian di AFTA.

“Untuk detilnya (harga dan lainnya) nati pas peluncuran saja,” ucap Anton. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS