Diklaim Terpesan 230.000 Unit, Inden Bronco Sampai Dua Tahun Lebih

Diklaim Terpesan 230.000 Unit, Inden Bronco Sampai Dua Tahun Lebih
Ford Bronco versi terbaru tipe tertinggi - dok.Istimewa via Inside Hook

Detroit, Motoris – Pemesanan yang diterima Ford Motor Company untuk Ford Bronco versi terbaru diklaim mencapai 230.000 unit sejak dua pekan setelah pemesana dibuka menyusul peluncurannya secara online pada 13 Juli lalu. Bahkanm disebut akibat membeludaknya pesanan, sebagian dari pemesan belum akan menerima mobil yang diinginkannya hingga tahun 2022.

Seperti dilaporkan laman Carscoops dan Chicago Tribune, Kamis (30/7/2020), kabar tentang jumlah pesanan Ford Bronco paling gres sebanyak 230.000 unit itu berasal dari administrator forum Bronco6G yang menyatakan telah menerima data dari sumber yang dapat dipercaya di Ford. Disebutkan pula, jumlah ini tidak termasuk jumlah pemesanan Ford Bronco Sport.

Angka ini muncul kira-kira seminggu setelah Juru Bicara Ford mengatakan kepada laman Car and Driver bahwa “pemesanan telah membeludak, sehingga beberapa pelanggan Bronco mungkin tidak menerima pesanan mereka sampai tahun 2022 (artinya, masa indennya lebih dari dua tahun),” .

Ford Bronco varian berdimensi besar – dok.Motor1.com

Pengiriman unit pesanan perdana akan dilakukan pada musim semi 2021 atau pada rentang Maret hingga Juni tahun tersebut. Sang juru bicara juga menambahkan, pelanggan yang memesan tersebut akan mendapatkan Ford Vronco yang dibuat sebelum unit yang diperuntukkan sebagai stok diler diproduksi.

Artinya, Ford Motor akan memprioritaskan pemesan tersebut ketimbang memproduksi massal yang akan disebar ke diler. Terlebih, mengingat pemesanan yang mengular, dan dikabarkan Ford telah menutup sementara proses pemesanan.

Namun, meski telah mendapat pesanan sebanyak 230.000 unit, bukan berarti Ford – secara langsung, bukan diler – telah menjual unit sebanyak itu. Pasalnya, itu baru bersifat pemesanan dengan menyerahkan uang tanda jadi. Selain itu, mereka dapat berpindah jalur dengan mengalihkan pemesanannya melalui diler yang mereka pilih.

Tampilan depan Ford Bronco terbaru atau genetasi ke-6 – dok.Consumer Reports

Hanya, pengubahan jalur pemesanan itu baru bisa dilakukan pada Desember nanti. Sementara, FoxNews, Rabu (29/7/2020) mengutip sumber di Ford mewartakan, konsumen yang berminat memesan Ford Bronco bukan hanya dari Amerika Serikat saja, tetapi juga dari negara-negara lain. Bahkan di benua lain, meski di negara-negara di luar Negeri Paman Sam belum resmi dibuka.

Laman USA Today, Selasa (14/7/2020) melaporkan, Ford meluncurkan Bronco generasi ke-6 itu setelah 25 tahun tak diproduksi lagi, pada Senin (13/7/2020). Pesaing Jeep Wrangler itu dijual dengan banderol US$ 29.995 – US$53.000 atau jika dikurskan dalam mata uang Indonesia hari ini, US$ 1 = Rp 14.682, berarti setara dengan Rp 440 juta – Rp 778 jutaan.

Ada tiga varian yang disajikan yakni Ford Bronco empat pintu, Ford Bronco dua pintu, serta varian dengan dimensi yang lebih kecil bernama Ford Bronco Sport. Varian Bronco yang berukuran besar dibekali mesin 2,3 liter V6 turbocharged bertenaga 270 hp atau 2,7 liter empat silinder V6 turbocharged yang bertenaga 310 hp.

Ford Bronco dengan ban berukuran besar – dok.Autotrader

Varian ini dilengkapi transmisi otomatis 10 tingkat percepatan.  Pabrikan yang bermarkas di Detroit, Michigan itu juga menyediakan pilihan transmisi manual dengan tujuh tingkat percepatan.

Sedangkan varian kecil atau Bronco Sport ditawarkan dengan mesin 1.5 liter turbocharged tiga silinder dengan semburan tenaga 181 hp, dan mesin 2.0 liter turbocharged empat silinder yang bertenaga 245 hp. Keduanya menggunakan transmisi otomatis delapan tingkat percepatan. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS