Harley-Davidson Bronx 975 Segera Meluncur, Produksi Disebut di Thailand

Harley-Davidson Bronx 975 Segera Meluncur, Produksi Disebut di Thailand
Harley-Davidson Bronx - dok.Visordown

Bangkok, Motoris – Pabrikan motor gede asal Milwaukee, Wiconsin, Amerika Serikat – Harley-Davidson – disebut-sebut segera meluncurkan model streetfighter Harley-Davidson Bronx 975 ke pasar global. Kabar itu juga menyebut, Harley-Davidson yang tahun lalu telah menunjukkan konsep motor tersebut, kini tengah mengebut proses produksi untuk diluncurkan akhir 2020 atau awal 2021.

Seperti dilaporkan laman Ultimate Torque dan The Economist Journal, Senin (27/7/2020) pabrikan itu kini sangat berkepentingan untuk memoles kinerja, setelah dua tahun lalu secara berturut-turut total penjualannya di pasar global melorot.

“Harley-Davidson ingin melakukan pembaruan citra mereknya untuk menguatkan kesan mengikuti zaman dengan motor-motor yang sesuai kondisi terkini, khususnya bagi kalangan usia muda. Selama ini, citra merek HD (Harley-Davidson) adalah merek dengan motor untuk kalangan usia tua,” tulis media tersebut.

Laman GreatBiker, Rabu (29/7/2020) melaporkan kemungkinan besar pabrikan tersebut memproduksi Harley-Davidson Bronx 975 di pabriknya yang berada di Thailand. Selain untuk mendekatkan diri dengan pasar Asia-Pasifik yang di tahun lalu masih memberi kontribusi positif dan paling dinamis, juga demi alasan penghematan ongkos produksi.

Harley-Davidson Bronx 975 varian warna hitam – dok.Istimewa via GreatBiker

Beberapa waktu lalu, laman Cycle World yang mengutip sumber-sumber di pabrikan itu menulis Harley-Davidson Bronx akan hadir dengan mesin generasi terbaru dari Revolution Max. Mesin tersebut adalah 975cc DOHC 60-V V-twin berpendingin cairan.

Mesin itu diprediksi bertenaga hingga 115 hp dengan torsi 94,9 Nm. Sedangkan varian bermesin 1.250cc disebut bertenaga 145 hp lebih dengan torsi 122 Nm.

Dari sejumlah foto versi konsepnya, motor ini menggunakan peranti suspensi depan upside down dan monoshock di belakang. Peranti pengeremannya menggunakan cakram ganda di roda depan dan cakram tunggal untuk roda bagian belakang. Fitur ini diyakini tak berubah di versi produksi.

Kantor pusat Harley Davidson – dok.Biz Times

Sekadar informasi, sepanjang tahun 2019 kemarin pabrikan motor kondang yang juga legenda Amerika Serikat – Harley-Davidson (HD) – hanya membukukan total penjualan produknya di dunia sebanyak 218.273 unit atau ambles 4,3% dibanding tahun sebelumnya. Penjualan di semua wilayah pasar utamanya jeblos, kecuali di wilayah Asia-Pasifik.

Laporan kinerja tahunan pabrikan yang bermarkas di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat (AS) itu menunjukan, penjualan di kampung halamannya sendiri – di AS- di tahun 2019 hanya 125.960 unit. “Penjualan ini turun 5,2% dibanding penjualan tahun 2018 yang masih sebanyak 132.868 unit,” tulis laman milik bursa saham Nasdaq dan Retail Asia News, belum lama ini. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS