SUV Toyota Berbasis Suzuki Brezza Dibanderol Rp 154 Juta, Jegal Kia Sonet

SUV Toyota Berbasis Suzuki Brezza Dibanderol Rp 154 Juta, Jegal Kia Sonet
Gambar teaser SU baru-Toyota yang menggunakan platform Suzuki Brezza, Urban Cruiser akan diluncurkan September nanti - dok.Istimewa via Rushlane

New Delhi, Motoris – Kia Motors di India dikabarkan akan meluncurkan SUV kompak anyar dengan nama Kia Sonet pada 7 Agustus lusa. Namun, SUV yang disebut juga bakal digelontorkan ke pasar global itu sepertinya tak bakal melenggang ke pasar dengan tenang, pasalnya Toyota Motor di negeri itu juga bakal menyodorkan pesaingnya pada September mendatang.

Seperti dilaporkan laman Rushlane dan Automotive World, Selasa (4/8/2020), Toyota Kirloskar Motor (Toyota India) akan membuka pemesanan SUV kompak itu pada 22 Agustus nanti. Sedangkan peluncuran resminya bakal dilakukan pada September mendatang. “Harga diperkirakan 800.000 rupee (atau sekitar Rp 154,3 jutaan, dengan asumsi kurs 1 rupee = Rp 192,88), dan pengiriman unit ke pemesan dijanjikan pada akhir September,” tulis Rushlane.

Basis SUV ini adalah Suzuki Brezza, yang merupakan wujud dari kerjasama antara Suzuki Maruti dengan Toyota di India, sehingga mesin juga sama persis dengan yang diusung Suzuki Brezza. Namun ada beberapa penyesuaian yang dilakukan oleh Toyota.

Ubahan terlihat mulai dari dashboard dan bingkai untuk ventilasi AC. Kemudian lampu utama yang menggunakan LED plus DRL, lampu belakang LED, kontrol iklim otomatis, serta layar sentuh 7 inci dengan kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Rendering Toyota Urban Cruiser yang menggunakan basis Suzuki Brezza – dok.Istimewa via Rushlane

Selain itu, Toyota juga memberinya fitur keyless entry, start/stop button, dan beberapa lainnya. Sedangkan mesin bensin 1.5 liter yang disandangnya disebut menyemburkan tenaga hingga 103 hp dengan torsi 138 Nm yang dikawinkan dengan gearbox manual 5 tingkat percepatan atau transmisi otomatis 4 tingkat percepatan.

“Dengan pendekatan yang mengutamakan pelanggan, TKM selalu berusaha untuk memenuhi aspirasi pelanggannya dengan memperkenalkan produk baru secara tepat waktu dan Toyota Urban Cruiser adalah upaya lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Selain itu, kami berharap Urban Cruiser memberi kami kesempatan untuk menyambut pelanggan baru yang tidak hanya bercita-cita memiliki Toyota SUV sejak dini,” papar Senior Vice President, Sales and Services Toyota India, Naveen Soni.

Sebelumnya, laman Economic Times melaporkan Kia Motors di India bakal meluncurkan SUV kompak pada 7 Agustus lusa. Segmen yang dibidik Kia juga sama dengan yang bakal digarap Toyota melalui Urban Cruiser yakni kalangan usia muda yang ingin membeli SUV untuk pertama kalinya.

Gambar teaser Kia Sonet yang akan diluncurkan di India 7 Agustus 2020 – dok.Kia Global

“Kami percaya dengan karakter yang menarik, Kia Sonet bakal menjadi daya tarik bagi konsumen usia muda di India dan sekitarnya,” pada Senior Vice President & Global Design Head Kia Motors, Karim Habib. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS