Besok Meluncur, Corolla Cross Disebut Berbanderol Rp 457,8 Juta

Besok Meluncur, Corolla Cross Disebut Berbanderol Rp 457,8 Juta
Toyota Corolla Cross - dok.Toyota Global

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) besok, Kamis (6/8/2020) akan meluncurkan SUV anyar Toyota Corolla Cross di Tanah Air, sekitar pukul 11.00 WIB secara virtual. Mobil yang sebelumnya – pada 9 Juli lalu – diluncurkan di Thailand itu disebut bakal dibanderol mulai Rp 457,8 juta, angka yang tak jauh dengan harga di Negeri Gajah Putih.

“Ada dua varian yang diluncurkan yaitu Corolla Cross 1.8 A/T atau transmisi manual bermesin konvensional harganya Rp 457,8 juta on the road Jakarta. Varian kedua, Corolla Cross hybrid A/T harganya Rp 497,8 juta on the road Jakarta. Harga itu kan tidak jauh beda atau malah sama dengan yang di Thaialnd. Tapi, ini dengan catatan, jika PT TAM tidak mengubahnya di menit-menit akhir lho ya,” papar sumber Motoris, saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (5/8/2020).

Sang sumber memastikan nyaris tidak ada down spec di Corolla Cross yang dipasarkan di Indonesia dengan di Thailand. Kalau pun harga yang tak jauh beda atau malah sama itu bisa jadi ada pemanfaatan fasilitas preferential tariff dalam kerangka perjanjian kerjasama perdagangan bebas ASEAN (AFTA).

Interior Toyota Corolla Cross- dok.Toyota Global

Di dalam skema pentarifan bea masuk barang di kerangka kerjasama AFTA tersebut bea masuk barang bisa 5-0%. “Atau bisa saja, ada penyesuaian fitur. Yaitu yang dianggap nanti mubazir karena tidak sesuai dengan kondisi, habit konsumen, dan bahkan keinginan konsumen tidak ada. Tetapi yang pasti, dari informasi saat training maupun pemberian product knowledge terlihat fitur secara umum sama,” ungkap dia.

Seperti diketahui, Corolla Cross yang diluncurkan di Thailand juga disajikan dalam dua varian, yakni bermesin konvensional dan hybrid. Masing-masing dibanderol di Thailand, 989.000 baht – 1.199.000 baht atau sekitar Rp 457 juta – Rp 554 juta (dengan kurs moderat saat peluncuran itu, 1 baht = Rp 462,1).

Artinya, harga varian hybrid antara yang dipasarkan di Indonesia dengan di Thailand ada perbedaan. Di Indonesia dibanderol lebih miring. “Toyota sangat hati-hati untuk penetapan harga varian hybrid ini. Daya saing sangat diutamakan, ya karena kan market kita masih belum begitu tinggi animonya ke mobil-mobil ramah kingkungan seperti ini, jadi aspek psikologis jadi pertimbangan tersendiri,” tandas dia.

Tampilan belakang Toyota Corolla Cross – dok.Toyota Global

Sekadar informasi, Corolla Cross varian konvensional mengusung mesin 2ZR-FBE 1.8 liter seperti yang digunakan Toyota Corolla Altis dan Toyota C-HR. Mesin itu menyemburkan tenaga hingga 140 PS dengan torsi 177 Nm.

Sedangkan varian hybrid mengusung mesin konvensional 2ZR-FXE 1.8 liter yang dipadu dengan motor listrik. Masing-masing sumber daya itu menghasilkan tenaga 98 PS dengan torsi 142 Nm dan 72 PS dengan torsi 163 Nm. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS