Corolla Cross di RI Tanpa Fitur TSS, Ini Alasan Toyota Indonesia

Corolla Cross di RI Tanpa Fitur TSS, Ini Alasan Toyota Indonesia
Toyota Corolla Cross di Indonesia, diimpor dalam wujud utuh dari Thailand- dok.PT TAM

Jakarta, Motoris – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan SUV anyar Toyota Corolla Cross di Indonesia dengan dua varian yaitu bermesin bensin 1.8 liter dan varian hybrid bermesin konvensional plus motor listrik. Namun, berbeda dengan yang dijual di Thailand, kedua varian SUV itu di Tanah Air tak dilengkapi fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense.
Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy menjelaskan, absennya fitur tersebut bukan semata-mata pertimbangan untuk “menekan” harga agar lebih miring dan bersaing di mata konsumen Indonesia. Namun, juga didasari pertimbangan unsur kebutuhan dan keinginan masyarakat.

“Jadi, itu bukan semata-mata soal pertimbangan harga. Meski pun, juga tidak bisa dimungkiri juga jika TSS itu digunakan value-nnya (nilainya) juga cukup tinggi. Tetapi, ini juga lebih didasari seperti apa tingkat kebutuhan masyarakat (terhadap TSS). Jadi, sampai saat ini belum bisa pastikan fitur ini sudah dibutuhkan di Indonesia atau belum, itu yang kami masih studi di pasar,” papar Anton dalam diskusi daring yang digelar di Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Sekadar catatan, di Indonesia beberapa model mobil Toyota yang menyandang fitur TSS juga sudah ada yang dipasarkan. Meski baru Toyota Alphard dan Toyota Corolla Altis Hybrid.

Fitur keselamatan TSS yang mekanisme kerjanya menggunakan sensir dan radar, plus kamera terdiiri dari beberapa sistem. Di antaranya – yang umum – di TSS generasi terbaru adalah, automatic high beam. Fitu ini mengatur sorot lampu utama yang disesuaikan secara otomotis dengan keadaaan, sehingga ketika berpapasan dengan mobil lain, pengguna mobil tersebut tidak silau dan terhindar dari potensi bahaya.

Kemudian ada precollision system untuk menghindarkan mobil dari tabrakan, lane departure alert with steering assist. Selain itu dynamic radar cruise control.

Toyota Corolla Cross – dok.Toyota

Meski begitu, dalam pemaparan saat peluncuran SUV itu yang digelar sebelum diskusi tersebut, Anton memastikan Corolla Cross di Tanah Air telah dilengkapi fitur keselamatan aktif yang cukup mumpuni. Fitur itu terdiri dari Rem Antilock Braking System (ABS) + Electronic Brake Force Distribution, tujuh airbag, Emergency Brake Signal, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Control.

Selain itu, lanjut Anton, Corolla Cross juga memiliki kekhasan di Indonesia yaitu fitur khusus untuk mengecek saldo kartu elektronik, sehingga pengemudi mobil tak perlu khawatir mengalami kejadian saldo di kartu kurang ketika masuk ke jalan tol. Peranti untuk mengecek saldo tersebut ditempatkan pada head unit dengan sistem kerja menggunakan teknologi Near-field communication (NFC).

“Kami sengaja hadirkan ini untuk menjawab masukan dari masyarakat. Jadi, ini spek khusus untuk Indonesia,” ujar Anton.

Menyinggung target penjualan, Anton menyebut TAM mematok jumlah 200 unit saban bulan laku terjual kepada masyarakat. Dan yang pasti, jika dibandingkan dengan yang ada di Thailand, Corolla Cross – untuk versi bermesin bensin 1,8 liter – sama dengan unit yang dijajakan di Thailand, sedangkan varian hybrid lebih murah.

Toyota Corolla Cross saat diajak melibas genangan air – dok.PT TAM

TAM membanderol Corolla Cross yang diimpor dalam wujud utuh (CBU) dari Thailand itu Rp 457,8 juta untuk varian bermesin bensin dan Rp 497,8 juta untuk varian hybrid. Semua harga on the road Jakarta.

Sedangkan Toyota Thailand, yang meluncurkannya pada 9 Juli lalu, membanderolnya dibanderol di Thailand, 989.000 baht – 1.199.000 baht. Jika dikurs-kan ke mata uang Indonesia sekitar Rp 457 juta (varian mesin bensin 1.8 liter) – Rp 554 juta untuk varian hybrid (dengan kurs moderat saat peluncuran itu, 1 baht = Rp 462,1). (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This